eJournal Ilmu Pemerintahan

Fisip Universitas Mulawarman

KUALITAS PELAYANAN PEGAWAI DALAM MENINGKATKAN PELAYANAN ADMINISTRASI DI PUSKESMAS AIR PUTIH KOTA SAMARINDA (Ade Irma Suryani, Muhammad Jamal Amin,E. Letizia Dyastari)

Submitted by: ,
On: Feb 5, 2018 @ 10:13 AM
IP: 180.248.110.73

  • Judul artikel eJournal: KUALITAS PELAYANAN PEGAWAI DALAM MENINGKATKAN PELAYANAN ADMINISTRASI DI PUSKESMAS AIR PUTIH KOTA SAMARINDA
  • Pengarang (nama mhs): Ade Irma Suryani, Muhammad Jamal Amin,E. Letizia Dyastari
  • Abstrak (max. 1600 huruf atau 250 kata): Ade Irma Suryani, Kualitas Pelayanan Pegawai Dalam Meningkatkan Pelayanan Administrasi Di Puskesmas Air Putih Kota Samarinda dibawah bimbingan yang saya hormati Bapak Dr. H. Muhammad Jamal Amin, M.Si sebagai Pembimbing I dan Ibu Hj. Letizia Dyastari, S.Sos, M.Si sebagai Pembimbing II. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis Kualitas Pelayanan Pegawai Dalam Meningkatkan Pelayanan Administrasi Di Puskesmas Air Putih Kota Samarinda, serta untuk mengidentifikasikan faktor pendukung dan penghambat yang dihadapi Puskesmas Air Putih. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan fokus penelitian meliputi daya tanggap (responsiveness), kehandalan (realibility), Jaminan (assurance), Perhatian (emphaty), Berwujud (tangibles) serta faktor yang mendukung dan menghambat yang dihadapi Puskesmas Air Putih Kota Samarinda dalam Meningkatkan Pelayanan Administrasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah model interaktif yang dikembangkan oleh Miles, Huberman, dan Saldana (2014) yang merupakan rangkaian dari proses pengumpulan data, kondensi data, penyajian data, dan pengambilan kesimpulan atau verifikasi. Dari hasil penelitian yang dilakukan, menunjukkan bahwa dalam mencapai suatu Kualitas Pelayanan Pegawai Dalam Meningkatkan Pelayanan Administrasi Di Puskesmas Air Putih Kota Samarinda. Dipuskesmas saat ini dari segi Daya Tanggap (Responsiveness), Kehandalan (Reliability), dan Perhatian (Emphaty) yang diberikan pegawai sudah cukup baik. Namun ada beberapa indikator yang pelaksanaannya belum berjalan dengan baik dikarenakan masih banyak kekurangan baik dari segi Jaminan (Assurance) pegawai dan Bukti Fisik (Tangibles) dalam memberikan pelayanan administrasi kepada masyarakat.
  • Kata kunci (max. 80 huruf atau 10 kata): Kualitas, pelayanan, administrasi
  • NIM: 1302025133
  • Angkatan (tahun masuk, mis. 2009): 2013
  • Program Studi: Ilmu Pemerintahahan
  • Sumber tulisan: Skripsi
  • Pembimbing: Muhammad Jamal Amin / E. Letizia Dyastari
  • Nama eJournal: eJoournal Ilmu Pemerintahan
  • Volume: 6
  • Nomor: 1
  • Tahun: 2018
  • File artikel eJournal (format .doc, max. 2 Mb): Ade Irma Suryani (02-05-18-10-13-47).doc (109 kB)
  • File artikel eJournal (format .PDF, max. 5 Mb): Ade Irma Suryani (02-05-18-10-13-47).pdf (511 kB)