eJournal Ilmu Pemerintahan

Fisip Universitas Mulawarman

Pelayanan Penyediaan Kebutuhan Air Bersih Oleh Perusahaan Umum Daerah Air Minum Batiwakkal Berau di Kelurahan Sei Bedungun Kecamatan Tanjung Redeb. (Zainuddin)

Submitted by: , zainuddin
On: Feb 14, 2023 @ 12:00 PM
IP: 103.160.150.24

  • Judul artikel eJournal: Pelayanan Penyediaan Kebutuhan Air Bersih Oleh Perusahaan Umum Daerah Air Minum Batiwakkal Berau di Kelurahan Sei Bedungun Kecamatan Tanjung Redeb.
  • Pengarang (nama mhs): Zainuddin
  • Abstrak (max. 1600 huruf atau 250 kata): Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan Pelayanan Penyediaan Kebutuhan Air Bersih Oleh Perusahaan Umum Daerah Air Minum Batiwakkal Berau di Kelurahan Sei Bedungun Kecamatan Tanjung Redeb, dan untuk mengetahui faktor penghambat dan pendukung. Jenis penelitian yang dilakukan dengan deskriptif kualitatif dan teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data model interaktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, pelayanan Penyediaan Kebutuhan Air Bersih Oleh Perumdam Batiwakkal Berau di Kelurahan Sei Bedungun Kecamatan Tanjung Redeb sudah cukup baik. Bukti fisik sarana prasarana dari fasilitas belum cukup baik, sehingga pelayanan petugas di lapangan menjadi lama dalam mengatasi kebutuhan masyarakat. Keandalan, ketanggapan dan empati pegawai kurang baik, karena yang memberikan pelayanan dilapangan, karena pegawai di Bagian Langganan tidak memiliki kehandalan dalam mengatasi keluhan masyarakat di RT.02. Sekalipun para petugas sudah menyatakan sudah cukup baik, tetapi hasil wawancara dengan masyarakat masih ada tanggapan yang kurang baik, dan empati pegawai yang baik dilakukan hanya pada saat memberikan pelayanan dikantor, tetapi kurang baik dilapangan. Faktor penghambatnya dari pipa diperkotaan belum semua terkoneksi, anggaran tidak tersedia. Pegawai teknisi masih kurang, pegawai masih kurang paham dalam melaksanakan tugas dan ada pegawai yang kurang disiplin. Faktor pendukungnya dari adanya koordinasi antara Pemkab Berau dengan PDAM, dari eksekutif dan dilegislatif, alokasi anggaran yang tersedia, dan Perumda Batiwakkal dapat menyertakan nomor telepon, sms, atau nomor media sosial untuk masyarakat yang akan menyampaikan aduannya.
  • Kata kunci (max. 80 huruf atau 10 kata): Pelayanan Publik, Penyediaan Kebutuhan Air Bersih
  • NIM: 1502025017
  • Angkatan (tahun masuk, mis. 2009): 2015
  • Program Studi: Ilmu Pemerintahahan
  • Sumber tulisan: Skripsi
  • Pembimbing: Drs. H. Burhanuddin,M.Si, Hj. E. Letizia Dyastari,S.Sos,M.Si
  • Nama eJournal: eJoournal Ilmu Pemerintahan
  • Volume: 11
  • Nomor: 1
  • Tahun: 2023
  • File artikel eJournal (format .doc, max. 2 Mb): Jurnal Zainuddin. IP. 1502025017 (1) (1) (1) (02-14-23-12-00-09).doc (164 kB)
  • File artikel eJournal (format .PDF, max. 5 Mb): Jurnal Zainuddin. IP. 1502025017 (1) (1) (1) (02-14-23-12-00-09).pdf (212 kB)