eJournal Ilmu Pemerintahan

Fisip Universitas Mulawarman

PELAYANAN PENYEDIAAN KEBUTUHAN AIR BERSIH OLEH PERUSAHAAN UMUM DAERAH AIR MINUM BATIWAKKAL BERAU DI KELURAHAN SEI BEDUNGUN KECAMATAN TANJUNG REDEB (Zainuddin)

Submitted by: ,
On: Feb 14, 2023 @ 1:30 AM
IP: 182.3.140.107

  • Judul artikel eJournal: PELAYANAN PENYEDIAAN KEBUTUHAN AIR BERSIH OLEH PERUSAHAAN UMUM DAERAH AIR MINUM BATIWAKKAL BERAU DI KELURAHAN SEI BEDUNGUN KECAMATAN TANJUNG REDEB
  • Pengarang (nama mhs): Zainuddin
  • Abstrak (max. 1600 huruf atau 250 kata): Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan Pelayanan Perusahaan Daerah Air Minum Batiwakkal Berau dalam Penyediaan Air Bersih di Desa Sei Bedungun Kecamatan Tanjung Redeb, serta faktor penghambat dan pendukungnya. Jenis penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode deskriptif dan kualitatif, dan teknik analisis data model interaktif digunakan untuk menganalisis data.Dari hasil penelitian terungkap bahwa Perumdam Batiwakkal Berau memberikan pelayanan yang sangat baik untuk penyediaan air bersih di Desa Sei Bedungun, Kecamatan Tanjung Redeb. Karena tidak cukupnya bukti fisik prasarana sarana, dibutuhkan waktu yang lama bagi petugas di lapangan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. Ketergantungan, ketanggapan, dan empati pegawai kurang baik karena yang memberikan pelayanan di lapangan dan di Bagian Langganan kurang bisa diandalkan dalam menangani pengaduan masyarakat di RT.02. Meskipun petugas menyatakan cukup berkompeten, tanggapan masyarakat terhadap wawancara tetap negatif, dan empati pegawai hanya ditunjukkan saat memberikan pelayanan di kantor, bukan di lapangan. Faktor penghambatnya adalah tidak semua jalur di kota terhubung, anggaran tidak tersedia. Teknisi masih belum ada, pegawai belum paham bagaimana melaksanakan tanggung jawabnya, dan sebagian pegawai kurang disiplin. Faktor pendukung antara lain koordinasi antara Pemkab Berau dengan PDAM dari eksekutif dan legislatif, alokasi anggaran yang tersedia, dan kemampuan Perumda Batiwakkal untuk menyediakan nomor telepon, SMS, atau nomor media sosial bagi individu yang akan menyampaikan pengaduan.
  • Kata kunci (max. 80 huruf atau 10 kata): Pelayanan Publik, Penyediaan Kebutuhan Air Bersih
  • NIM: 1502025017
  • Angkatan (tahun masuk, mis. 2009): 2015
  • Program Studi: Ilmu Pemerintahahan
  • Sumber tulisan: Skripsi
  • Pembimbing: Drs. Burhanudin, M.Si., Hjl. Letizia Dyastari, M.Si
  • Nama eJournal: eJoournal Ilmu Pemerintahan
  • Volume: 11
  • Nomor: 1
  • Tahun: 2023
  • File artikel eJournal (format .doc, max. 2 Mb): Jurnal Zainuddin (TURNITIN) UPload (02-14-23-01-30-35).doc (189 kB)
  • File artikel eJournal (format .PDF, max. 5 Mb): Jurnal Zainuddin (TURNITIN) UPload (02-14-23-01-30-35).pdf (386 kB)