Kinerja Pegawai Dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Masyarakat Di Kantor Kelurahan Sempaja Selatan (Trisna Alan Pasoso)
Submitted by: Pasoso, Trisna Alan
On: Jan 3, 2023 @ 8:46 AM
IP: 36.85.6.115
- Judul artikel eJournal: Kinerja Pegawai Dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Masyarakat Di Kantor Kelurahan Sempaja Selatan
- Pengarang (nama mhs): Trisna Alan Pasoso
- Abstrak (max. 1600 huruf atau 250 kata): Penelitian ini bertujuan menganalisis dan mendeskripsikan tentang tolak ukur kerja Pegawai atau aparatur sipil negara dalam peningkatan Kualitas Pelayanan kepada Masyarakat di Kantor Kelurahan Sempaja Selatan kemudian pendapat masyarakat terhadap pelayanan masyarakat di Kantor Kelurahan tersebut. Tempat penelitian dilaksanakan di Kantor Kelurahan Sempaja Selatan Kecamatan Samarinda Utara Kota Samarinda. Jenis penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui penelitian kepustakaan serta lapangan yang menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Data dianalisis secara deskriptif kualitatif. Berdasarkan data yang dikembangkan oleh Miles, Huberman dan Saldana, penulis melakukan beberapa hal yaitu mengumpulkan data, meringkas data, selanjutnya menyajikan data, kemudian menarik kesimpulan sesuai dengan teori analisis data interaktif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa tolak ukur kerja pegawai atau aparatur sipil negara dalam peningkatan kualitas pelayanan kepada masyarakat di Kantor Kelurahan Sempaja Selatan sudah berjalan cukup baik. Hal tersebut didapatkan berdasarkan hasil penelitian melalui tindakan-tindakan yang dilakukan oleh pegawai atau aparatur sipil negara yang menjalankan kebijakan dalam memberikan pelayanan kepada warga masyarakat Kelurahan Sempaja Selatan Kecamatan Samarinda Utara Kota Samarinda, yang diukur dengan menggunakan dimensi/indikator Tangible, Reliability, Responsivenes, Assurance dan Empahty. Selanjutnya, juga terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi tolak ukur kerja pegawai atau aparatur sipil negara dalam pelaksanaan pelayanan kepada masyarakat di Kantor Kelurahan Sempaja Selatan yaitu faktor penggunaan alat bantu dan faktor tempat pelayanan.
- Kata kunci (max. 80 huruf atau 10 kata): Kinerja, Kualitas Pelayanan
- NIM: 1702025024
- Angkatan (tahun masuk, mis. 2009): 2017
- Program Studi: Ilmu Pemerintahahan
- Sumber tulisan: Skripsi
- Pembimbing: Dr. Rita Kalalinggi, M.Si, Dr. H. Muh. Jamal, M.Si
- Nama eJournal: eJoournal Ilmu Pemerintahan
- Volume: 10
- Nomor: 4
- Tahun: 2022
- File artikel eJournal (format .doc, max. 2 Mb): Ejournal Trisna Alan Pasoso Ganjil (01-03-23-08-46-46).docx (50 kB)
- File artikel eJournal (format .PDF, max. 5 Mb): Ejournal Trisna Alan Pasoso Ganjil (01-03-23-08-46-46).pdf (135 kB)