eJournal Ilmu Pemerintahan

Fisip Universitas Mulawarman

Efektivitas Pelayanan Publik Berbasis Aplikasi “Labanan Makmur” Pada Kampung Labanan Makmur Kecamatan Teluk Bayur Kabupaten Berau (Hesti Purnama Sari)

Submitted by: Purnama Sari, Hesti
On: Dec 21, 2022 @ 10:49 PM
IP: 114.5.110.186

  • Judul artikel eJournal: Efektivitas Pelayanan Publik Berbasis Aplikasi “Labanan Makmur” Pada Kampung Labanan Makmur Kecamatan Teluk Bayur Kabupaten Berau
  • Pengarang (nama mhs): Hesti Purnama Sari
  • Abstrak (max. 1600 huruf atau 250 kata): Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menggambarkan tentang efektivitas pelayanan publik berbasis aplikasi “Labanan Makmur” pada Kampung Labanan Makmur. Penelitian ini menggunakan lima fokus yaitu efisiensi dalam pelayanan, daya tanggap petugas, sarana dan prasarana, semangat kerjasama, dan hubungan antara pimpinan dan bawahan serta untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan pelayanan berbasis aplikasi. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan penelitian kepustakaan, observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan cara pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini dilaksanakan di Kampung Labanan Makmur Kecamatan Teluk Bayur Kabupaten Berau. Hasil penelitian menunjukkan secara umum pelayanan publik berbasis aplikasi “Labanan Makmur” pada Kampung Labanan Makmur berjalan cukup efektif karena tiga dari lima fokus sudah berjalan dengan optimal. Adapun pelayanan berbasis aplikasi ini belum efisien karena hanya 30% penduduk Kampung Labanan Makmur yang menggunakan pelayanan berbasis aplikasi ini. Daya tanggap petugas di kantor Kampung Labanan Makmur sudah cepat karena sesuai dengan kompetensi perangkat kampung. Sarana dan prasarana sudah memandai dalam mendukung jalannya pelayanan berbasis aplikasi baik bagi masyarakat maupun bagi perangkat kampung, namun yang menjadi kendala utama terletak pada belum adanya server pelayanan milik kampung sendiri. Kemudian semangat kerja sama yang terlihat di kantor Kampung Labanan Makmur sudah sangat tinggi serta Hubungan antara pimpinan dan bawahan sudah terjalin dengan baik. Faktor pendukung dalam menunjang pelaksanaan pelayanan publik berbasis aplikasi yaitu jaringan telekomunikasi, Sumber Daya Manusia, alat/perangkat yang menunjang dan Pelayanan berbasis anjungan administrasi desa. Sedangkan faktor penghambat yang dihadapi Kampung Labanan Makmur yaitu masyarakat belum familiar dengan pelayanan online, pola pikir masyarakat yang menganggap pelayanan online lebih sulit dilakukan dan Server down.
  • Kata kunci (max. 80 huruf atau 10 kata): Efektivitas, Pelayanan Publik, E-Government, Aplikasi Labanan Makmur
  • NIM: 1802025054
  • Angkatan (tahun masuk, mis. 2009): 2018
  • Program Studi: Ilmu Pemerintahahan
  • Sumber tulisan: Skripsi
  • Pembimbing: Drs. H. Burhanudin, M.Si & Dr. H. Muh. Jamal, M.Si
  • Nama eJournal: eJoournal Ilmu Pemerintahan
  • Volume: 10
  • Nomor: 4
  • Tahun: 2022
  • File artikel eJournal (format .doc, max. 2 Mb): Hesti Purnama Sari_eJournal_IP (12-21-22-10-49-13).docx (62 kB)
  • File artikel eJournal (format .PDF, max. 5 Mb): Hesti Purnama Sari_eJournal_IP (12-21-22-10-49-13).pdf (602 kB)

Loading

Print Friendly, PDF & Email



  1. Online Casino India
  2. Best Aviator Game App In India
  3. Andar Bahar Online Game
  4. Casino App Real Money India
  5. Best Cricket Betting Sites In India
  6. Best Casino Game to Win Real Money
  7. Online Casino Games In India
  1. Slot Online Terpercaya
  2. Judi Slot Online Jackpot Terbesar
  3. Judi Slot Terpercaya
  4. Kumpulan Situs Judi QQ Online Terpercaya
  5. Situs Slot Deposit Pulsa dan Slot Online Terbaik
  6. Slot Hacker
  7. Situs Slot Online Terbaik
  8. Slot Gacor Gampang Menang
  9. Slot Online
  10. Situs Slot Online Terbaik 2022
  11. Slot RTP Pragmatic
  12. Situs Slot Gacor 2022