eJournal Ilmu Pemerintahan

Fisip Universitas Mulawarman

DIGITALISASI SISTEM PELAYANAN DALAM MENINGKATKAN EFISIENSI KERJA PEGAWAI DAN SISTEM PELAYANAN AKADEMIK SEBELUM PANDEMI COVID-19 DAN MASA PANDEMI COVID-19 (Studi Kasus : Fakultas TIK UINSI dan Fakultas SAINTEK UMKT Samarinda) (Hendrita Lelen)

Submitted by: LELEN, HENDRITA
On: Sep 21, 2022 @ 4:50 AM
IP: 140.213.66.154

  • Judul artikel eJournal: DIGITALISASI SISTEM PELAYANAN DALAM MENINGKATKAN EFISIENSI KERJA PEGAWAI DAN SISTEM PELAYANAN AKADEMIK SEBELUM PANDEMI COVID-19 DAN MASA PANDEMI COVID-19 (Studi Kasus : Fakultas TIK UINSI dan Fakultas SAINTEK UMKT Samarinda)
  • Pengarang (nama mhs): Hendrita Lelen
  • Abstrak (max. 1600 huruf atau 250 kata): Tujuan penelitian untuk mengetahui perkembangan penerapan digitalisasi sistem pelayanan akademik sebelum adanya Pandemi Covid-19 yakni pada awal mula berdirinya Perguruan Tinggi yang diteliti dan pada masa Pandemi Covid-19 yang berimbas kepada peningkatan efisiensi kerja pegawai dan pelayanan akademik di Fakultas SAINTEK UMKT Samarinda dan FTIK UINSI Samarinda. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Subjek dari penelitian ini ialah pegawai bidang akademik dan IT di Fakultas SAINTEK UMKT dan FTIK UINSI Samarinda. Objek penelitian ini ialah sistem pelayanan dan media berbasis teknologi digitalisasi yang dilakukan secara online. Data kemudian diperoleh dengan beberapa metode, yakni; observasi secara langsung, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu; pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa penerapan digitalisasi sistem pelayanan akademik pada Fakultas SAINTEK UMKT dan FTIK UINSI Samarinda sebelum Pandemi Covid-19 sudah mulai diterapkan yakni sejak awal mula kedua Perguruan Tinggi diresmikan, akan tetapi terbatas pada beberapa jenis pelayanan saja. Namun, beberapa efisiensi sudah dirasakan oleh pegawai, selain itu, pada peningkatan pelayanan, penerapan digitalisasi mampu menciptakan kualitas pelayanan yang efisiensi, responsif, transparan, dan efektif.
  • Kata kunci (max. 80 huruf atau 10 kata): Digitalisasi, Sistem Pelayanan, Efisiensi Kerja Pegawai, Pandemi Covid-19
  • NIM: 1602025078
  • Angkatan (tahun masuk, mis. 2009): 2016
  • Program Studi: Ilmu Pemerintahahan
  • Sumber tulisan: Skripsi
  • Pembimbing: Dr. Phil. I. Ketut Gunawan, MA dan Dr. Anwar Alaydrus, MM.
  • Nama eJournal: eJoournal Ilmu Pemerintahan
  • Volume: 10
  • Nomor: 3
  • Tahun: 2022
  • File artikel eJournal (format .doc, max. 2 Mb): Jurnal_Ip_Hendrita_Lelen_2016-2 (09-21-22-04-50-40).docx (46 kB)
  • File artikel eJournal (format .PDF, max. 5 Mb): Jurnal_Ip_Hendrita_Lelen_2016-2 (09-21-22-04-50-40).pdf (338 kB)

Loading

Print Friendly, PDF & Email



  1. Online Casino India
  2. Best Aviator Game App In India
  3. Andar Bahar Online Game
  4. Casino App Real Money India
  5. Best Cricket Betting Sites In India
  6. Best Casino Game to Win Real Money
  7. Online Casino Games In India
  1. Slot Online Terpercaya
  2. Judi Slot Online Jackpot Terbesar
  3. Judi Slot Terpercaya
  4. Kumpulan Situs Judi QQ Online Terpercaya
  5. Situs Slot Deposit Pulsa dan Slot Online Terbaik
  6. Slot Hacker
  7. Situs Slot Online Terbaik
  8. Slot Gacor Gampang Menang
  9. Slot Online
  10. Situs Slot Online Terbaik 2022
  11. Slot RTP Pragmatic
  12. Situs Slot Gacor 2022