eJournal Ilmu Pemerintahan

Fisip Universitas Mulawarman

INDEKS KEPUASAN MASYARAKAT DALAM PELAYANAN APARATUR SIPIL NEGARA (Studi Kasus di TPT Kantor Pelayanan Pajak Pratama Samarinda Ilir Kota Samarinda) (HENDRI)

Submitted by: , HENDRI
On: May 17, 2022 @ 11:08 PM
IP: 36.85.36.59

  • Judul artikel eJournal: INDEKS KEPUASAN MASYARAKAT DALAM PELAYANAN APARATUR SIPIL NEGARA (Studi Kasus di TPT Kantor Pelayanan Pajak Pratama Samarinda Ilir Kota Samarinda)
  • Pengarang (nama mhs): HENDRI
  • Abstrak (max. 1600 huruf atau 250 kata): Abstrak H E N D R I, Program Studi Ilmu Pemerintahan, Jurusan Ilmu Administrasi pada Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Mulawarman Samarinda, melaksanakan penelitian dengan judul Indeks Kepuasan Masyarakat dalam Pelayanan Aparatur Sipil Negara, dibawah bimbingan Bapak Prof. Dr. H. Adam Idris, M.Si sebagai Pembimbing I dan Bapak Dr. Anwar Alaydrus, S.Sos., M.M sebagai pembimbing II. Penelitian ini dilakukan di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Samarinda. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui nilai Indeks Kepuasan Masyarakat dalam pelayanan Aparatur Sipil Negara di Tempat Pelayanan Terpadu KPP Pratama Samarinda Ilir. Jenis penelitian ini menggunakan metode pendekatan penelitian kualitatif yang dikuantitatifkan dan teknik pengumpulan data yaitu observasi, kuisioner, dan dokumentasi. Sedangkan teknik sampling yang digunakan adalah tehnik nonprobability sampling. Adapun jenis tehnik nonprobability sampling yang dipakai yaitu Convenience Sampling, yaitu teknik penentuan sampel berdasarkan pada ketersediaan elemen dan kemudahan untuk mendapatkannya. Dari penelitian dan pembahasan untuk memperoleh nilai Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) dalam Pelayanan Aparatur Sipil Negara yang berdasarkan pada 9 unsur atau indicator IKM yang meliputi Persyaratan, Prosedur, Waktu Pelayanan, Biaya/Tarif, Produk, Kompetensi Pelaksana, Perilaku Pelaksana, Sarana Prasarana, Penanganan pengaduan, saran dan masukan, maka dapat disimpulkan; a. Dari total perhitungan 9 (sembilan) unsur layanan yang di survei kepada penerima layanan/responden yang terdiri dari 100 orang, didapatkan hasil rata-rata nilai indeks kepuasan masyarakat berada pada interval 3,09 dengan nilai konversi senilai 76,56. Hal ini menjelaskan bahwa mutu pelayanan pada Tempat Pelayanan Terpadu KPP Pratama Samarinda Ilir Kota Samarinda berada pada Mutu Pelayanan “B” dengan Kinerja Pelayanan adalah “Baik”. b. Nilai interval dan nilai konversi dari setiap unsur pelayanan berada pada mutu pelayanan “B” dengan Kinerja Pelayanan “Baik”. Hal ini dilihat dari nilai interval berkisar dari 2.50- 3.25 dan nilai konversi berkisar dari 62.51- 81.25.
  • Kata kunci (max. 80 huruf atau 10 kata): Kepuasan, Masyarakat, Pelayanan, Aparatur Sipil Negara
  • NIM: 1402025093
  • Angkatan (tahun masuk, mis. 2009): 2014
  • Program Studi: Ilmu Pemerintahahan
  • Sumber tulisan: Skripsi
  • Pembimbing: Prof. Dr. H. Adam Idris, M.Si sebagai Pembimbing I dan Bapak Dr. Anwar Alaydrus, S.Sos., M.M sebagai pembimbing II
  • Nama eJournal: eJoournal Ilmu Pemerintahan
  • Volume: 10
  • Nomor: 2
  • Tahun: 2022
  • File artikel eJournal (format .doc, max. 2 Mb): Jurnal_HENDRI_ip_2014 (05-17-22-11-08-16).doc (120 kB)
  • File artikel eJournal (format .PDF, max. 5 Mb): Jurnal_HENDRI_ip_2014 (05-17-22-11-08-16).pdf (390 kB)

Loading

Print Friendly, PDF & Email



  1. Online Casino India
  2. Best Aviator Game App In India
  3. Andar Bahar Online Game
  4. Casino App Real Money India
  5. Best Cricket Betting Sites In India
  6. Best Casino Game to Win Real Money
  7. Online Casino Games In India
  1. Slot Online Terpercaya
  2. Judi Slot Online Jackpot Terbesar
  3. Judi Slot Terpercaya
  4. Kumpulan Situs Judi QQ Online Terpercaya
  5. Situs Slot Deposit Pulsa dan Slot Online Terbaik
  6. Slot Hacker
  7. Situs Slot Online Terbaik
  8. Slot Gacor Gampang Menang
  9. Slot Online
  10. Situs Slot Online Terbaik 2022
  11. Slot RTP Pragmatic
  12. Situs Slot Gacor 2022