eJournal Ilmu Pemerintahan

Fisip Universitas Mulawarman

Standar Pelayanan Minimum (SPM) Dalam Penyelenggaraan Haji Reguler di Kementerian Agama Kota Samarinda Tahun 2018 (Mufida Khalisa Rijkiyah)

Submitted by: ,
On: Jan 16, 2020 @ 7:33 AM
IP: 114.125.188.216

  • Judul artikel eJournal: Standar Pelayanan Minimum (SPM) Dalam Penyelenggaraan Haji Reguler di Kementerian Agama Kota Samarinda Tahun 2018
  • Pengarang (nama mhs): Mufida Khalisa Rijkiyah
  • Abstrak (max. 1600 huruf atau 250 kata): Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Standar Pelayanan Minimum (SPM) Dalam Penyelenggaraan Haji Reguler Di Kementerian Agama Kota Samarinda Tahun 2018 serta mengidentifikasikan faktor pendukung dan penghambat dalam Standar Pelayanan Minimum (SPM) Dalam Penyelenggaraan Haji Reguler Di Kementerian Agama Kota Samarinda Tahun 2018. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Key Informant penelitian ini adalah Kepala Seksi Haji dan Umrah, sedangkan Informant penelitian antara lain Staf JFU Pengelolaan Administrasi dan Dokumentasi Penyelenggaraan Ibadah Haji dan Umrah, Staf Seksi Haji dan Umrah dan Jamaah Haji Reguler Kementerian Agama Kota Samarinda 4 (empat) orang yang juga diperoleh melalui metode penelitian dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik analisis data yang digunakan yaitu model interaktif yang terdiri dari pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Standar pelayanan Minimum dalam penyelenggaraan Ibadah Haji Reguler sudah dilakukan sesuai dengan ketentuan yang diatur, dalam hal tersebut dapat dilihat dalam pelayanan proses pendaftaran yang sudah didukung oleh fasilitas teknologi, Proses bimbingan manasik haji yang memberikan pengetahuan dan pemahaman dalam melaksanakan ibadah haji, Pelayanan transportasi yang memadai, Pelayanan kesehatan sudah dilakukan secara maksimal dalam penyelenggaraan Ibadah Haji Reguler, Perlindungan atau Keamanan dalam penyelenggaraan Ibadah Haji sudah di sediakan berupa jaminan asuransi dan pengawalan dari POLRI dan TNI, Administrasi dan Dokumen Haji sudah memenuhi persyaratan dapat dilihat dari tingkat kepuasan calon jamaah haji ketika pengurusan visa dan paspor. Faktor pendukungnya dalam penyelenggaraan ibadah haji reguler berupa fasilitas yang mendukung dan pelayanan yang memuaskan, dan faktor penghambatnya faktor cuaca yang menghambat saat pelaksanaan praktek bimbingan manasik haji dan masih adanya pengeluaran biaya pribadi calon jamaah haji saat melakukan medical check up.
  • Kata kunci (max. 80 huruf atau 10 kata): Standar pelayanan, haji reguler.
  • NIM: 1502025015
  • Angkatan (tahun masuk, mis. 2009): 2015
  • Program Studi: Ilmu Pemerintahahan
  • Sumber tulisan: Skripsi
  • Pembimbing: Dr. Erwin Resmawan, M.Si., Nur Hasanah, S.Sos., M.Si
  • Nama eJournal: eJoournal Ilmu Pemerintahan
  • Volume: 7
  • Nomor: 4
  • Tahun: 2020
  • File artikel eJournal (format .doc, max. 2 Mb): Jurnal Mufida (01-16-20-07-33-28).doc (116 kB)
  • File artikel eJournal (format .PDF, max. 5 Mb): Jurnal Mufida (01-16-20-07-33-28).pdf (812 kB)

428 total views, 2 views today