eJournal Ilmu Pemerintahan

Fisip Universitas Mulawarman

KINERJA APARATUR SIPIL NEGARA DALAM MENINGKATKAN PELAYANAN KEPADA MASYARAKAT DI KELURAHAN MUGIREJO KECAMATAN SUNGAI PINANG KOTA SAMARINDA (Risma, Muhammad Jamal, E. Letizia Dyastari)

Submitted by: ,
On: Sep 28, 2018 @ 12:31 PM
IP: 36.84.231.6

  • Judul artikel eJournal: KINERJA APARATUR SIPIL NEGARA DALAM MENINGKATKAN PELAYANAN KEPADA MASYARAKAT DI KELURAHAN MUGIREJO KECAMATAN SUNGAI PINANG KOTA SAMARINDA
  • Pengarang (nama mhs): Risma, Muhammad Jamal, E. Letizia Dyastari
  • Abstrak (max. 1600 huruf atau 250 kata): Risma NIM 1302025279, Program Studi Ilmu Pemerintahan, Jurusan Ilmu Administrasi pada Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Mulawarman Kota Samarinda. Kinerja Aparatur Sipil Negara Dalam Meningkatkan Pelayanan Kepada Masyarakat Di Kelurahan Mugirejo Kecamatan Sungai Pinang Kota Samarinda, di bawah bimbingan dari Bapak Dr. H. Muh. Jamal Amin, M.Si sebagai pembimbing I, dan Ibu Hj. E. Letizia Dyastari, S.Sos, M.Si sebagai pembimbing II. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui lebih jauh lagi dan berusaha menggambarkan proses kinerja dari para Aparatur Sipil Negara dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat di Kantor Kelurahan Mugirejo Kota Samarinda. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif yang menjadi sumber data dalam penelitian ini adalah Lurah Mugirejo, Sekretaris Lurah, Kepala Seksi Kelurahan, Masyarakat, serta pihak-pihak yang terkait di dalamnya. Teknik pengumpulan data ini dengan cara penelitian kepustakaan (Library Research) dan penelitian lapangan (Field Work Research) meliputi Observasi, Wawancara, dan dokumen yang berkaitan dengan penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas dari setiap personal atau individu Aparatur secara Produktivitas, Responsivitas, Disiplin, Kualitas Pelayanan, Sarana dan Prasarana, dari Aparatur Sipil Negara Kantor Kelurahan Mugirejo dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat dan mengenai presepsi masyarakat tentang kinerja pegawai yang hasilnya menunjukkan secara keseluruhan/umum sudah berjalan dengan cukup baik, meski demikian masih perlu adanya perbaikan dan peningkatan kerja dari aparatur dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat, agar kualitas pelayanan yang diberikan kepada masyarakat pada masa yang akan datang menjadi lebih baik dan meningkat dari keseluruhannya baik dari kinerja aparatur dan sarana prasana yang menunjang
  • Kata kunci (max. 80 huruf atau 10 kata): Kinerja, aparatur, pelayanan, masyarakat
  • NIM: 1302025279
  • Angkatan (tahun masuk, mis. 2009): 2013
  • Program Studi: Ilmu Pemerintahahan
  • Sumber tulisan: Skripsi
  • Pembimbing: Muh. Jamal / E. Letizia Dyastari
  • Nama eJournal: eJoournal Ilmu Pemerintahan
  • Volume: 6
  • Nomor: 3
  • Tahun: 2018
  • File artikel eJournal (format .doc, max. 2 Mb): risma (09-28-18-12-31-13).doc (131 kB)
  • File artikel eJournal (format .PDF, max. 5 Mb): risma (09-28-18-12-31-13).pdf (398 kB)