eJournal Ilmu Pemerintahan

Fisip Universitas Mulawarman

KUALITAS PELAYANAN PEGAWAI DALAM MENINGKATKAN KESEHATAN MASYARAKAT DI PUSKESMAS BESIQ KECAMATAN DAMAI BUPATEN KUTAI BARAT KALIMANTAN TIMUR (Maharani, Rita KalaLinggi , Budiman)

Submitted by: ,
On: Sep 28, 2018 @ 12:10 PM
IP: 36.84.231.6

  • Judul artikel eJournal: KUALITAS PELAYANAN PEGAWAI DALAM MENINGKATKAN KESEHATAN MASYARAKAT DI PUSKESMAS BESIQ KECAMATAN DAMAI BUPATEN KUTAI BARAT KALIMANTAN TIMUR
  • Pengarang (nama mhs): Maharani, Rita KalaLinggi , Budiman
  • Abstrak (max. 1600 huruf atau 250 kata): Penelitian ini mendeskripsikan kualitas pelayanan kesehatan serta mendeskripsikan faktor-faktor yang menghambat kualitas pelayanan kesehatan masyarakat di Puskesmas Besiq. Karya ilmiah ini berargumentasi bahwa Pelayanan Kesehatan Puskesmas besiq dapat memberikan pelayanan yang berkualitas pada masyarakat Besiq. Untuk mengetahui kualitas pelayanan kesehatan masyarakat, dalam penelitian ini menggunakan dimensi karakteristik kualitas pelayanan yang meliputi lima indikator, yaitu: Keandalan (reliability), Keresponsifan (resvonsiveness), Keamanan/keyakinan (assurance), Empati/perhatian (empathy), dan Berwujud (tangible). pengumpulan data dilakukan dengan cara penelitian kepustakaan (Library Research), Observasi, dan wawancara mendalam. Narasumber terdiri dari pihak petugas kesehatan (pemberi layanan). Hasil menunjukan bahwa kualitas pelayanan pegawai dalam meningkatkan kesehatan masyarakat di puskesmas besiq kecamatan damai mampu memberikan pelayanan yang berkualitas. Hal ini tersebut dikarenakan pelayanan yang cepat, tenaga kesehatan yang profesional dalam mendiagnosis penyakit, kejelasan informasi kesehatan, prosedur pelayanan yang tidak berbelit-belit serta mudah dipahami masyarakat, adanya perhatian petugas kesehatan pada masyarakat, petugas kesehatan yang sopan, rapi walaupun terdapat kelemahan pelayanan dalam sarana fasilitas yang kurang memadai, serta kurangnya tenaga kesehatan, sehingga pelayanan yang diberikan tidak maksimal. Temuan penting mengenai faktor penghambat pelayanan kesehatan masyarrakat yakni sarana fasilitas puskesmas yang cukup atau sederhana, kurangnya tenaga kesehatan. Serta berberapa pegawai puskesmas tidak bertempat tinggal di mana puskesmas tersebut di bangun.
  • Kata kunci (max. 80 huruf atau 10 kata): Kualitas, pelayanan, kesehatan, masyarakat, puskesmas, kemampuan, medis
  • NIM: 1402025025
  • Angkatan (tahun masuk, mis. 2009): 2014
  • Program Studi: Ilmu Pemerintahahan
  • Sumber tulisan: Skripsi
  • Pembimbing: Rita KalaLinggi / Budiman
  • Nama eJournal: eJoournal Ilmu Pemerintahan
  • Volume: 6
  • Nomor: 3
  • Tahun: 2018
  • File artikel eJournal (format .doc, max. 2 Mb): Maharani (09-28-18-12-10-20).doc (119 kB)
  • File artikel eJournal (format .PDF, max. 5 Mb): Maharani (09-28-18-12-10-20).pdf (401 kB)

102 total views, 1 views today