eJournal Ilmu Pemerintahan

Fisip Universitas Mulawarman

KINERJA APARATUR SIPIL NEGARA DALAM PELAYANAN KESEHATAN DI RUMAH SAKIT DAYAKU RAJA KECAMATAN KOTA BANGUN KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA (Firlian Nur, Muhammad Jamal, Budiman)

Submitted by: ,
On: Aug 8, 2018 @ 8:36 AM
IP: 36.75.94.31

  • Judul artikel eJournal: KINERJA APARATUR SIPIL NEGARA DALAM PELAYANAN KESEHATAN DI RUMAH SAKIT DAYAKU RAJA KECAMATAN KOTA BANGUN KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA
  • Pengarang (nama mhs): Firlian Nur, Muhammad Jamal, Budiman
  • Abstrak (max. 1600 huruf atau 250 kata): Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis kinerja aparatur sipil negara dalam pelayanan kesehatan di rumah sakit dayaku raja kecamatan kota bangun kabupaten kutai kartanegara, serta mengetahui faktor-faktor yang menjadi pendukung dan penghambat yang dihadapi oleh aparatur sipil negara di rumah sakit dayaku raja dalam rangka meningkatkan pelayanan kinerja aparatur sipil negara untuk masyarakat. Jenis penelitian ini besifat deskriptif kualitatif. Hasil penelitian yang dilakukan, diperoleh gambaran secara keseluruhan yang menunjukan bahwa Kinerja Aparatur Sipil Negara Di Rumah Sakit Dayaku Raja Kecamatan Kota Bangun Kabupaten Kutai Kartanegara masih ada beberapa yang bersifat kurang peduli akan tingkat pelayanan. Hal ini dapat dilihat dari hasil pengukuran kinerja aparatur sipil negara dari indikator produktivitas masih perlu untuk ditingkatkan lagi demi menjaga kinerja pelayanan yang ada dan untuk meningkatkan mutu pelayanan yang diberikan kepada pasien/masyarakat. Kualitas pelayanan yang diberikan aparatur sipil negara sudah sesuai prosedur akan tetapi masih ada beberapa aparatur sipil negara yang kurang sikap dalam bekerja sehingga menimbulkan keluhan dari pasien/masyarakat. Berdasarkan indikator responsivitas perlu peningkatan, dimana aparatur sipil negara seandainya ada masalah krusial atau masalah besar aparatur sipil negara harus cepat bergerak dan mempertanggung jawabkan apa yang sudah dia lakukan agar tingkat rasa tanggung jawab dalam bekerja lebih besar lagi dan lebih hati-hati untuk kedepannya agar tidak ada kesalahan dalam pelayanan yang diberikan. Berdasarkan indikator responsibilitas sudah baik seluruh aparatur sipil negara bertanggung jawab dengan tugas masing-masing. Dan berdasarkan indikator akuntabilitas masih perlu ditingkatkan lagi, aparatur sipil negara sebagai pemberi layanan melayani masyarakat ada job-nya masing-masing sesuai keahlian dan bidangnya.
  • Kata kunci (max. 80 huruf atau 10 kata): Kinerja, pelayanan, aparatur sipil negara, kesehatan, masyarakat
  • NIM: 1102025178
  • Angkatan (tahun masuk, mis. 2009): 2011
  • Program Studi: Ilmu Pemerintahahan
  • Sumber tulisan: Skripsi
  • Pembimbing: Dr. H. Muhammad Jamal, M.Si, Budiman, S.IP, M.Si
  • Nama eJournal: eJoournal Ilmu Pemerintahan
  • Volume: 6
  • Nomor: 3
  • Tahun: 2018
  • File artikel eJournal (format .doc, max. 2 Mb): 01_format_artikel_ejournal_mulai_hlm_ganjil (08-08-18-08-36-15).doc (107 kB)
  • File artikel eJournal (format .PDF, max. 5 Mb): 01_format_artikel_ejournal_mulai_hlm_ganjil (08-08-18-08-36-15).pdf (65 kB)

166 total views, 1 views today