eJournal Ilmu Pemerintahan

Fisip Universitas Mulawarman

KINERJA PEGAWAI DALAM MENINGKATKAN PELAYANAN KESEHATAN DI PUSKESMAS JUANDA KECAMATAN SAMARINDA ULU KOTA SAMARINDA (Nur Jannah, Muh. Jamal, Anwar Alaydrus)

Submitted by: ,
On: Sep 28, 2018 @ 12:44 PM
IP: 36.84.231.6

  • Judul artikel eJournal: KINERJA PEGAWAI DALAM MENINGKATKAN PELAYANAN KESEHATAN DI PUSKESMAS JUANDA KECAMATAN SAMARINDA ULU KOTA SAMARINDA
  • Pengarang (nama mhs): Nur Jannah, Muh. Jamal, Anwar Alaydrus
  • Abstrak (max. 1600 huruf atau 250 kata): Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui dan mendeskripsikan serta mengidentifikasi Kinerja Pegawai Dalam Meningkatkan Pelayanan Kesehatan di Pusat Kesehatan Masyarakat Juanda Kecamatan Samarinda Ulu Kota Samarinda dan mengidentifikasi faktor penghambat dan pendukung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskripstif kualitatif, penelitian yang dilakukan terhadap variable mandiri tanpa melakukan perbandingan dan menghubungkan dengan variable lainnya dengan fokus Kedisiplinan Petugas Pelayanan merupakan kesanggupan pegawai dalam menaati peraturan sesuai ketentuan terutama pada waktu kerja yang berlaku, Kemampuan Petugas Pelayanan merupakan keahlian dan ketrampilan yang dimiliki oleh setiap pegawai sesuai dengan bidang dan tingkat pendidikannya masing-masing, Kecepatan Petugas Pelayanan merupakan ketepatan waktu pelayanan sesuai dengan target yang ditentukan, Kenyamanan Lingkungan merupakan kondisi dimana sarana dan prasarana menjadi hal yang penting demi menunjang kebutuhan baik dari pasien maupun petugas yang ada, serta faktor-faktor penghambat kurangnya kesadaran pegawai dalam disiplin waktu kerja, kurangnya anggaran untuk menunjang sarana dan prasarana merupakan hal yang dapat berpengaruh terhadap pencapaian suatu target pekerjaan yang menjadi kurang maksimal. dan faktor pendukung adanya petugas penilai kinerja, adanya kemampuan petugas pelayanan (SDM) dengan tingkat pendidikan yang mumpuni merupakan suatu hal yang dapat mempengaruhi sesuatu menjadi berkembang, memajukan dan menambah menjadi baik daripada target pekerjaan sebelumnya. Dalam pelaksanaan peningkatan pelayanan kesehatan Penelitian ini menggunakan teknik Purposive Sampling dan Accidental Sampling, kemudian teknik pengumpulan data dilakukan dengan penelitian kepustakaan serta penelitian lapangan dengan cara melakukan wawancara secara mendalam dan penelitian dokumen. Dan analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif dengan model interaktif (Milles & Huberman, 1992).
  • Kata kunci (max. 80 huruf atau 10 kata): Kinerja, pegawai, pelayanan, kesehatan
  • NIM: 1302025143
  • Angkatan (tahun masuk, mis. 2009): 2013
  • Program Studi: Ilmu Pemerintahahan
  • Sumber tulisan: Skripsi
  • Pembimbing: Muh. Jamal / Anwar Alaydrus
  • Nama eJournal: eJoournal Ilmu Pemerintahan
  • Volume: 6
  • Nomor: 3
  • Tahun: 2018
  • File artikel eJournal (format .doc, max. 2 Mb): Nur Jannah (09-28-18-12-44-28).doc (129 kB)
  • File artikel eJournal (format .PDF, max. 5 Mb): Nur Jannah (09-28-18-12-44-28).pdf (401 kB)