EFEKTIVITAS KINERJA KARYAWAN PERUSAHAAN DAERAH AIR MINUM (PDAM) DALAM MENINGKATKAN PELAYANAN PUBLIK DI KECAMATAN MUARA JAWA (Hamdan, Rita Kalalinggi, Iman Surya)
Submitted by: ,
On: Aug 6, 2018 @ 9:16 AM
IP: 180.248.231.18
- Judul artikel eJournal: EFEKTIVITAS KINERJA KARYAWAN PERUSAHAAN DAERAH AIR MINUM (PDAM) DALAM MENINGKATKAN PELAYANAN PUBLIK DI KECAMATAN MUARA JAWA
- Pengarang (nama mhs): Hamdan, Rita Kalalinggi, Iman Surya
- Abstrak (max. 1600 huruf atau 250 kata): Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan tentang efektivitas kinerja karyawan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) dalam meningkatkan pelayanan publik di Kecamatan Muara Jawa, untuk mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat yang dihadapi oleh karyawan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) dalam rangka meningkatkan pelayanan publik untuk masyarakat. Jenis penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif. Hasil penelitian yang dilakukan, diperoleh gambaran secara keseluruhan yang menunjukkan bahwa kinerja karyawan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kecamatan Muara Jawa masih bervariasi dalam mengefektifkan kinerja. Hal ini dapat dilihat dari hasil pengukuran kinerja karyawan dari indikator produktivitas masih sangat perlu untuk ditingkatkan, dimana distribusi air ke pelanggan berjalan lancar tetapi mutu dan kualitas air yang dihasilkan masih perlu ditingkatkan karena kualitas air yang diproduksi masih perlu menaruh di penampungan terlebih dahulu. Berdasarkan indikator kualitas layanan lebih ditingkatkan lagi, kualitas layanan yang diberikan oleh karyawan sudah sesuai prosedur tetapi masyarakat sebagai pelanggan merasakan bahwa sikap karyawan terhadap pelanggan kurang ramah walaupun jika ada keluhan dari pelanggan langsung dikerjakan. Berdasarkan indikator responsivitas perlu peningkatan, dimana karyawan seandainya ada masalah krusial atau masalah besar karyawan cepat mengatasi namun dari pihak masyarakat sebagai pelanggan merasakan bahwa pihak perusahaan kurang tanggap. Berdasarkan indikator responsibilitas sudah baik seluruh karyawan bertanggung jawab dengan tugasnya masingmasing. Dan berdasarkan indikator akuntabilitas masih perlu diperbaiki, karyawan sebagai pemberi layanan melayani masyarakat ada job-nya masingmasing, tetapi pihak masyarakat merasakan bahwa masih ada petugas yang etika melayani dalam administrasi harus dirubah.
- Kata kunci (max. 80 huruf atau 10 kata): Efektivitas, kinerja karyawan, pelayanan, publik.
- NIM: 1102025169
- Angkatan (tahun masuk, mis. 2009): 2011
- Program Studi: Ilmu Pemerintahahan
- Sumber tulisan: Skripsi
- Pembimbing: Dr. Rita Kalalinggi, M.Si., Dr. Iman Surya, M.Si
- Nama eJournal: eJoournal Ilmu Pemerintahan
- Volume: 6
- Nomor: 3
- Tahun: 2018
- File artikel eJournal (format .doc, max. 2 Mb): 01_format_artikel_ejournal_mulai_hlm_ganjil (08-06-18-09-16-22).doc (131 kB)
- File artikel eJournal (format .PDF, max. 5 Mb): 01_format_artikel_ejournal_mulai_hlm_ganjil (08-06-18-09-16-22).pdf (71 kB)