STUDI TENTANG KEPEDULIAN PEMERINTAH KOTA TERHADAP PENDIDIKAN ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI KOTA BONTANG (Nita Kardilah, I Ketut Gunawan, Budiman)
Submitted by: ,
On: Feb 21, 2018 @ 10:16 AM
IP: 36.75.89.76
- Judul artikel eJournal: STUDI TENTANG KEPEDULIAN PEMERINTAH KOTA TERHADAP PENDIDIKAN ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI KOTA BONTANG
- Pengarang (nama mhs): Nita Kardilah, I Ketut Gunawan, Budiman
- Abstrak (max. 1600 huruf atau 250 kata): Penelitian ini memfokuskan diri pada kepedulian pemerintah kota terhadap pendidikan anak berkebutuhan khusus di Kota Bontang. Dengan fokus penelitian yaitu, bentuk kepedulian pemerintah terhadap pendidikan anak berkebutuhan khusus di Kota Bontang, konsistensi kepedulian pemerintah dalam membantu pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus di SLB dan sekolah inklusif di Kota Bontang, serta respon stakeholder terhadap upaya pemerintah dalam membantu pendidikan di Sekolah Luar Biasa dan menjalankan program pendidikan inklusif. Penelitian ini dilakukan di 8 tempat, yaitu Dinas Pendidikan Kota Bontang, 4 SLB, dan 3 sekolah inklusi. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara penelitian kepustakaan dan penelitian lapangan. Dengan menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pemerintah Kota Bontang peduli terhadap pendidikan anak berkebutuhan khusus. Hal tersebut dapat dilihat dari pelaksanaan program pendidikan inklusif dan pemberian bantuan.Program pendidikan inklusif telah dilaksanakan sejak tahun 2013 di Kota Bontang dengan menunjuk 3 sekolah sebagai pilot project pelaksanaan program tersebut.Selain itu, kepedulian juga disalurkan melalui pemberian bantuan. Tetapi dalam pelaksanaannya, bantuan yang diberikan belum tersalurkan secara merata karena lebih banyak disalurkan kepada sekolah inklusi dibandingkan SLB. Konsistensi kepedulian pemerintah dapat dilihat dari bantuan yang diberikan oleh pemerintah dalam membantu anak berkebutuhan khusus di SLB dan sekolah inklusi pada tahun 2015 dan 2016. Respon sebagian besar stakeholder terhadap upaya pemerintah dalam membantu anak berkebutuhan khusus dan menjalankan pendidikan inklusif baik, tetapi masih ada beberapa pihak terkait memberi respon negatif terhadap kehadiran anak berkebutuhan khusus di sekolahnya
- Kata kunci (max. 80 huruf atau 10 kata): Kepedulian, pemerintah, pendidikan, anak berkebutuhan khusus, SLB, sekolah inklu
- NIM: 1202025015
- Angkatan (tahun masuk, mis. 2009): 2012
- Program Studi: Ilmu Pemerintahahan
- Sumber tulisan: Skripsi
- Pembimbing: I Ketut Gunawan / Budiman
- Nama eJournal: eJoournal Ilmu Pemerintahan
- Volume: 6
- Nomor: 2
- Tahun: 2018
- File artikel eJournal (format .doc, max. 2 Mb): Nita Kardilah (02-21-18-10-16-56).doc (112 kB)
- File artikel eJournal (format .PDF, max. 5 Mb): Nita Kardilah (02-21-18-10-16-56).pdf (358 kB)