eJournal Ilmu Pemerintahan

Fisip Universitas Mulawarman

PELAYANAN JAMINAN KESEHATAN DAERAH (JAMKESDA) DI RSUD. AJI BATARA AGUNG DEWA SAKTI DALAM MENINGKATKAN KESEHATAN MASYARAKAT KECAMATAN SAMBOJA KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA (Ayu Ahdarani)

Submitted by: ,
On: Jan 9, 2017 @ 3:40 PM
IP: 110.137.218.119

  • Judul artikel eJournal: PELAYANAN JAMINAN KESEHATAN DAERAH (JAMKESDA) DI RSUD. AJI BATARA AGUNG DEWA SAKTI DALAM MENINGKATKAN KESEHATAN MASYARAKAT KECAMATAN SAMBOJA KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA
  • Pengarang (nama mhs): Ayu Ahdarani
  • Abstrak (max. 1600 huruf atau 250 kata): Ayu Ahdarani, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Mulawarman. Pelayanan Jaminan Kesehatan Daerah (Jamkesda) di RSUD. Aji Batara Agung Dewa Sakti Dalam Meningkatkan Kesehatan Masyarakat Kecamatan Samboja Kabupaten Kutai Kartanegara di bawah bimbingan Ibu Melati Dama, S.Sos, M.Si dan Bapak Budiman, S.IP, M.Si. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pelayanan Jaminan Kesehatan Daerah (JAMKESDA) di RSUD. Aji Batara Agung Dewa Sakti dalam meningkatkan kesehatan masyarakat Kecamatan Samboja Kabupaten Kutai Kartanegara dan untuk mengetahui faktor-faktor penghambat pelayanan Jaminan Kesehatan Daerah (JAMKESDA) di RSUD. Jenis penelitian yang dilakukan dengan deskriptif kualitatif.Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pelayanan jamkesda di RSUD Abadi dilihat dari pelayanan kesehatan dasar rawat inap dan rawat jalan sesuai ketentuan Jamkesda, berjalan dengan baik. Bantuan persalinan tidak normal bisa langsung kerumah sakit hanya dalam kondisi darurat yang mengancam keselamatan ibu dan anak. Hal itu tidak perlu rujukan dari fasilitas kesehatan tingkat pertama, karena kriteria gawat darurat seperti terjadi pendarahan, kejang pada kehamilan, ketuban pecah dini, gawat janin dan kondisi lain yang mengancam jiwa ibu dan bayinya. Pelayanan UGD RSUD Abadi harus memperhatikan peningkatan pelayanan publik dengan menyusun SPP. Faktor penghambat pelayanan Jamkesda dari perkembangan pengelolaan tetap bertahan dengan manajemen konvensional, informasi kurang jelas dengan isi atau tujuan dari adanya Jamkesda, tidak adanya dukungan dari pemerintah daerah, belum adanya usaha meminimalkan masalah, tidak mempersiapkan petugas melalui pendidikan petugas, pengetahuan, ketrampilan dan sikap petugas.
  • Kata kunci (max. 80 huruf atau 10 kata): Pelayanan, Jaminan Kesehatan Daerah, Kesehatan Masyarakat
  • NIM: 1102025181
  • Angkatan (tahun masuk, mis. 2009): 2011
  • Program Studi: Ilmu Pemerintahahan
  • Sumber tulisan: Skripsi
  • Pembimbing: Melati Dama, S.Sos, M.Si / Budiman, S.I.P, M.Si
  • Nama eJournal: eJoournal Ilmu Pemerintahan
  • Volume: 5
  • Nomor: 1
  • Tahun: 2017
  • File artikel eJournal (format .doc, max. 2 Mb): Ayu Ahdarani (01-09-17-03-40-24).doc (128 kB)
  • File artikel eJournal (format .PDF, max. 5 Mb): Ayu Ahdarani (01-09-17-03-40-24).pdf (472 kB)