eJournal Ilmu Pemerintahan

Fisip Universitas Mulawarman

PENERAPAN PRINSIP-PRINSIP GOOD GOVERNANCE DALAM PELAYANAN PUBLIK DI KANTOR CAMAT LONG MESANGAT KABUPATEN KUTAI TIMUR (Rinto Harahab)

Submitted by: ,
On: Oct 21, 2016 @ 10:48 AM
IP: 36.74.241.96

  • Judul artikel eJournal: PENERAPAN PRINSIP-PRINSIP GOOD GOVERNANCE DALAM PELAYANAN PUBLIK DI KANTOR CAMAT LONG MESANGAT KABUPATEN KUTAI TIMUR
  • Pengarang (nama mhs): Rinto Harahab
  • Abstrak (max. 1600 huruf atau 250 kata): Rinto Harahab, Penerapan Prinsip-Prinsip Good Governance dalam Pelayanan Publik di Kantor Camat Long Mesangat Kabupaten Kutai Timur. Di bawah Bimbingan Bapak Dr. Erwin Resmawan M.Si dan Bapak Dr. Iman Surya S.Sos., M.Si.
    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan Prinsip-Prinsip Good Governance dalam Pelayanan Publik di Kantor Camat Long Mesangat Kabupaten Kutai Timur dan untuk mengetahui faktor-faktor pendukung dan penghambat dalam hal ini Penerapan Prinsip Transparansi, Efektifitas Efesiensi, Akuntabilitas, dan Responsif pada pelayanan publik. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sumber data yang digunakan adalah teknik Purposive Sampling dan Accidental Sampling. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data model interaktif yang dicetuskan oleh Miles, Huberman, dan Saldana (2014).
    Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Prinsip-Prinsip Good Governance dalam Pelayanan Publik di Kantor Camat Long Mesangat Kabupaten Kutai Timur sudah diterapkan namun belum berjalan dengan baik. Hal ini dapat diidentifikasi dimana prosedur pelayanan tidak diletakkan di Kantor Camat, tidak tersedianya kotak pengaduan sebagai tempat masyarakat menyampaikan pendapat, saran dan kritikan, masyarakat masih merasa kesulitan saat berurusan karena petugas dan Camat jarang berada di tempat, kurangnya ketersediaan alat-alat penunjang dalam pelayanan, adanya sikap menunda-nunda serta masih adanya deskriminasi, dengan membedakan masyarakat yang satu dengan yang lainnya dalam pemberian pelayanan.
  • Kata kunci (max. 80 huruf atau 10 kata): Pelayanan Publik, Good Governance, Kantor Camat
  • NIM: 1202025039
  • Angkatan (tahun masuk, mis. 2009): 2012
  • Program Studi: Ilmu Pemerintahahan
  • Sumber tulisan: Skripsi
  • Pembimbing: Dr. Erwin Resmawan, M.Si / Dr. Iman Surya, S.Sos, M.Si
  • Nama eJournal: eJoournal Ilmu Pemerintahan
  • Volume: 4
  • Nomor: 4
  • Tahun: 2016
  • File artikel eJournal (format .doc, max. 2 Mb): Rinto Harahab (10-21-16-10-48-22).doc (125 kB)
  • File artikel eJournal (format .PDF, max. 5 Mb): Rinto Harahab (10-21-16-10-48-22).pdf (300 kB)