KUALITAS PELAYANAN PEGAWAI KESEHATAN 24 JAM DALAM MENINGKATKAN KESEHATAN MASYARAKAT DI PUSKESMAS LEMPAKE KECAMATAN SAMARINDA UTARA (Rozzi Anshori)
Submitted by: ,
On: Nov 2, 2015 @ 1:01 PM
IP: 180.248.69.25
- Judul artikel eJournal: KUALITAS PELAYANAN PEGAWAI KESEHATAN 24 JAM DALAM MENINGKATKAN KESEHATAN MASYARAKAT DI PUSKESMAS LEMPAKE KECAMATAN SAMARINDA UTARA
- Pengarang (nama mhs): Rozzi Anshori
- Abstrak (max. 1600 huruf atau 250 kata): RozziAnshori, Kualitas Pelayanan Pegawai Kesehatan 24 Jam Dalam Meningkatkan Kesehatan Masyarakat Di Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Lempake. Dibawah bimbingan Ibu Dr. Rita Kala Linggi dan Bapak Dr. Anwar Alaydrus, S.Sos, M.Si
Tujuan penelitian ini untuk mendapatkan gambaran tentang Kualitas Pelayanan Kesehatan PusatKesehatan Masyarakat( Puskesmas ).di Kecamatan Samarinda Utara dan mengetahui faktor pendukung dalam memberikan kualitas pelayanan Kesehatan di Pusat Kesehatan Masyarakat ( Puskesmas ) di Kecamatan Samarinda Utara.
Teknik pengumpulan data menggunakan tiga cara yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi, dan Sumber Data yang digunakan yaitu Teknik Purposive Sampling, sementara fokus penelitian ini adalah 1. Kualitas Pelayanan Kesehatan Masyarakat yang terdiridari : 1. Keandalan ( reliability ), Keresponan ( resvonsiveness ), Keyakinan ( assurance ), Perhatian ( emphaty ), Berwujud ( tangibles ) 2. Faktor pendukung Kualitas Pelayanan Kesehatan Pusat Kesehatan Masyarakat( Puskesmas ) di Kecamatan Samarinda Utara.
Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif yaitu analisis yaitu analisis data model interaktif, yang diawali dengan penyederhanaan data, penyajian data dan menarik kesimpulan.
Dari hasil penelitian menunjukan bahwa kualitas pelayanan kesehatan Puskesmas Lempake di Kecamatan Samarinda Utara mampu memberikan pelayanan kesehatan yang berkualitas. Hal tersebut ini ditandai dengan di dukung pelatihan – pelatihan berupa bimbingan pendidikan, pelatihan tenaga kesehatan, dikarenakan pelayanan kesehatan yang cepat, sarana fasilitas fisik, personel dan peralatan dalam kondisi dapat digunakan, tenaga kesehatan yang professional dalam mendiagnosis penyakit, kejelasan informasi kesehatan, prosedur pelayanan yang tidak berbelit – belit dan mudah di pahami oleh masyarakat dalam pemeriksaan maupun pengobatan. - Kata kunci (max. 80 huruf atau 10 kata): Kualitas Pelayanan,Pelayanan Publik
- NIM: 1102025212
- Angkatan (tahun masuk, mis. 2009): 2011
- Program Studi: Ilmu Pemerintahahan
- Sumber tulisan: Skripsi
- Pembimbing: Dr. Rita Kala Linggi, M.Si & Dr. Anwar Alaydrus, S.Sos, M.M
- Nama eJournal: eJoournal Ilmu Pemerintahan
- Volume: 3
- Nomor: 3
- Tahun: 2015
- File artikel eJournal (format .doc, max. 2 Mb): jurnal (11-02-15-01-01-15).docx (44 kB)
- File artikel eJournal (format .PDF, max. 5 Mb): jurnal (11-02-15-01-01-15).pdf (73 kB)