Pengaruh Kualitas Pelayanan Publik Terhadap Kepuasan Masyarakat di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Kutai Kartanegara (Yusuf Paloan)
Submitted by: paloan, yusuf
On: Jan 27, 2023 @ 5:39 PM
IP: 36.85.36.14
- Judul artikel eJournal: Pengaruh Kualitas Pelayanan Publik Terhadap Kepuasan Masyarakat di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Kutai Kartanegara
- Pengarang (nama mhs): Yusuf Paloan
- Abstrak (max. 1600 huruf atau 250 kata): Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui bagaimana kepuasan masyarakat pada Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Kutai Kartanegara dipengaruhi oleh kualitas pelayanan publik. Penelitian asosiatif kuantitatif digunakan dalam penelitian ini. Sampel yang digunakan sebanyak 45 individu Kutai Kartanegara. Dengan menyebarkan kuesioner, data dikumpulkan. Uji asumsi klasik, analisis regresi langsung, pengujian hipotesis, dan koefisien determinasi merupakan metode analisis data yang digunakan. Dengan nilai signifikansi 0,002 0,1 dan thitung = 3,232 > ttabel = 1,681 diperoleh hasil bahwa kualitas pelayanan publik berpengaruh secara parsial dan signifikan terhadap kepuasan masyarakat. Setelah Ho ditolak, Ha diterima. Nilai R Square yang diperoleh dari perhitungan uji koefisien determinasi (R2) sebesar 0,195 menunjukkan bahwa kualitas pelayanan publik berpengaruh terhadap kepuasan masyarakat sebesar 19,5%. Sedangkan variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini berdampak pada sisanya sebesar 80,5%.
- Kata kunci (max. 80 huruf atau 10 kata): Kualitas Pelayanan Publik, Kepuasan Masyarakat
- NIM: 1502025027
- Angkatan (tahun masuk, mis. 2009): 2015
- Program Studi: Ilmu Pemerintahahan
- Sumber tulisan: Skripsi
- Pembimbing: Mohammad Taufik,S.Sos.,M.Si
- Nama eJournal: eJoournal Ilmu Pemerintahan
- Volume: 11
- Nomor: 1
- Tahun: 2023
- File artikel eJournal (format .doc, max. 2 Mb): EJOURNAL YUSUF (1) (01-27-23-05-39-58).docx (75 kB)
- File artikel eJournal (format .PDF, max. 5 Mb): EJOURNAL YUSUF PALOAN FIX (01-27-23-05-39-58).pdf (187 kB)