eJournal Ilmu Pemerintahan

Fisip Universitas Mulawarman

Kinerja Pegawai Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Kepada Masyarakat di Kecamatan Samboja Kabupaten Kutai Kartanegara (Hidayah Maulana)

Submitted by: ,
On: Jun 3, 2021 @ 1:12 PM
IP: 114.122.231.193

  • Judul artikel eJournal: Kinerja Pegawai Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Kepada Masyarakat di Kecamatan Samboja Kabupaten Kutai Kartanegara
  • Pengarang (nama mhs): Hidayah Maulana
  • Abstrak (max. 1600 huruf atau 250 kata): Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana Kinerja Pegawai Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Kepada Masyarakat Di Kecamatan Samboja Kabupaten Kutai Kartanegara, hal ini ditekankan mengingat Kinerja Pegawai Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) dalam melaksanakan pelayanan kepada masyarakat masih belum maksimal, serta untuk mengetahui faktor penghambat yang dihadapi Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Kepada Masyarakat . Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif, dan teknik pengumpulan data yaitu dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi, sementara teknik penentuan informan menggunakan teknik purposive sampling, adapun yang menjadi narasumber yaitu Kepala PDAM Cabang Samboja Kabupaten Kutai Kartanegara, Staf Hubungan Langganan, Staf Distribusi, Staf Kas dan Penagihan PDAM Cabang Samboja Kabupaten Kutai Kartanegara dan masyarakat selaku pelanggan PDAM di Samboja Kabupaten Kutai Kartanegara. Analisis data yang digunakan adalah model interaktif yang dikembangkan oleh Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukan bahwa Kinerja Pegawai PDAM Dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Kepada Masyarakat Kecamatan Samboja Kabupaten Kutai Kartanegara, Pertama Pemahaman Tupoksi sudah cukup baik karena sudah menambah kapasitas debit air, dan jalur pipa. kedua Inovasi sudah berjalan dengan baik karena PDAM haus akan inovasi, ketiga Kecepatan Kerja sudah berjalan baik dengan melakukan meeting setiap minggu, Keempat Keakuratan Kerja dimana PDAM Tirta Mahakam Samboja sudah berjalan dengan baik. sementara faktor penghambat Kinerja PDAM yaitu kurangnya pemahaman karyawan akan teknologi membuat pelayanan di PDAM Tirta Mahakam samboja kurang berjalan optimal.
  • Kata kunci (max. 80 huruf atau 10 kata): Kinerja, PDAM, Kualitas, Pelayanan
  • NIM: 1302025207
  • Angkatan (tahun masuk, mis. 2009): 2013
  • Program Studi: Ilmu Pemerintahahan
  • Sumber tulisan: Skripsi
  • Pembimbing: Dr. H. Muhammad Jamal, M.Si., Hj.Letizia Dyastari, S.Sos.,M.Si
  • Nama eJournal: eJoournal Ilmu Pemerintahan
  • Volume: 8
  • Nomor: 4
  • Tahun: 2020
  • File artikel eJournal (format .doc, max. 2 Mb): Jurnal Hidayah Maulana (06-03-21-01-12-35).doc (114 kB)
  • File artikel eJournal (format .PDF, max. 5 Mb): Jurnal Hidayah Maulana (06-03-21-01-12-35).pdf (560 kB)

72 total views, 1 views today