Analisis Kinerja Pegawai di Era Pandemi Covid-19 dalam Pelayanan Publik Pembuatan E-KTP dan Kartu Keluarga di Kantor Kecamatan Rantau Pulung (Rida Ratnawati)
Submitted by: ,
On: Oct 24, 2022 @ 6:47 AM
IP: 125.160.115.2
- Judul artikel eJournal: Analisis Kinerja Pegawai di Era Pandemi Covid-19 dalam Pelayanan Publik Pembuatan E-KTP dan Kartu Keluarga di Kantor Kecamatan Rantau Pulung
- Pengarang (nama mhs): Rida Ratnawati
- Abstrak (max. 1600 huruf atau 250 kata): Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan Kinerja Pegawai di Era Pandemi Covid-19 dalam Pelayanan Publik Pembuatan E-KTP dan Kartu Keluarga di Kantor Kecamatan Rantau Pulung dan untuk dapat mengetahui faktor pendukung dan penghambat pada kinerja pegawai di Era Pandemi Covid-19 dalam memberikan pelayanan E-KTP dan Kartu Keluarga di Kantor Kecamatan Rantau Pulung. Metode penelitian ini menggunakan Jenis penelitian deskriptif kualitatif karena dapat mendeskripsikan secara cermat fenomena sosial, situasi, kondisi yang sedang diamati dan peristiwa, serta dapat mengumpulkan fakta-fakta. Teknik pengumpulan data yang digunakan dengan cara melakukan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan cara reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini dilaksanakan di Kantor Kecamatan Rantau Pulung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas hasil kerja pegawai Kantor Kecamatan Rantau Pulung dalam pembuatan E-KTP di Rantau Pulung belum sesuai dengan SOP dimasa pandemi yang harus dilakukan secara online sedangkan untuk Kartu Keluarga sudah sesuai SOP yang berlaku dan untuk hasil pembuatan E-KTP masi terdapat kesalahan dalam pengetikan alamat. Kuantitas hasil kerja belum mencapai target yang akan dicapai karena terdapat beberapa hambatan. Inisiatif pegawai masi kurang dalam memberikan pelayanan pembuatan E-KTP dan Kartu Keluarga. Kepuasan kerja pegawai sudah baik dapat dilihat dari sikap pegawai yang ramah. Pengetahuan pekerjaan cukup baik dapat dilihat dari pendidikan dan kemampuan setiap pegawai. Faktor pendukung kinerja pegawai meliputi kemampuan dan pengetahuan serta faktor penghambat kinerja, jaringan internet kurang stabil dan kurangnya sarana prasarana seperti alat perekaman yang rusak di Kantor Kecamatan Rantau Pulung.
- Kata kunci (max. 80 huruf atau 10 kata): Kinerja Pegawai, Pelayanan, E-KTP, Kartu Keluarga
- NIM: 1802025029
- Angkatan (tahun masuk, mis. 2009): 2018
- Program Studi: Ilmu Pemerintahahan
- Sumber tulisan: Skripsi
- Pembimbing: Budiman, S.IP., M.Si dan Melati Dama, S.Sos., M.Si
- Nama eJournal: eJoournal Ilmu Pemerintahan
- Volume: 10
- Nomor: 4
- Tahun: 2022
- File artikel eJournal (format .doc, max. 2 Mb): Rida Ratnawati_eJournal_IP (10-24-22-06-47-21).docx (44 kB)
- File artikel eJournal (format .PDF, max. 5 Mb): Rida Ratnawati_eJournal_IP (10-24-22-06-47-21).pdf (186 kB)