eJournal Ilmu Pemerintahan

Fisip Universitas Mulawarman

Strategi Politik Calon Independen Dalam Pemilihan Kepala Daerah Kota Samarinda Tahun 2020 (Hizkiadven Sanggam Batara Lebang)

Submitted by: Sanggam, Hizkiaden
On: Mar 9, 2022 @ 9:32 PM
IP: 103.166.212.26

  • Judul artikel eJournal: Strategi Politik Calon Independen Dalam Pemilihan Kepala Daerah Kota Samarinda Tahun 2020
  • Pengarang (nama mhs): Hizkiadven Sanggam Batara Lebang
  • Abstrak (max. 1600 huruf atau 250 kata): Tujuan penelitian ini adalah, untuk mengetahui Strategi politik calon independen dalam pemilihan kepala daerah di Kota Samarinda tahun 2020. Teknik pengambilan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi, dan Data Sekunder. Teknik pengumpulan data menggunakan model deskriptif kualitatif yang di kemukakan oleh Miles dan Huberman.Penelitian ini dilakukan di Kota Samarinda.Adapun fokus penelitian yaitu Product, promotion, place, price. Hasil penelitian menunjukkan ada beberapa pola strategi yang di gunakan oleh calon independen adalah 4p yaitu Produk politik (Product), Promosi (Promotion), Tempat (Place), Harga (Price).yang pertama ada produk politik yang dibuat oleh calon indpenden untuk menarik perhatian dari masyarakat di dalam produk politik terdapat visi dan misi serta program unggulan yang akan dikerjakan jika terpilih menjadi kepala daerah. Banyak msayarakat yang cukup tertarik dengan calon independen dapat dilihat dari calon independen meminta dukungan kepada masyarakat hingga pada saat penghitungan suara pada pilkada yang di mana calon independen mengumpulkan dukungan sebanyak 51.652 dan saat pilkada dilaksanakan calon independen berhasil mengumpulkan 98.245 suara, Calon independen juga melakukan promosi untuk menarik perhatian masyarakat ada beberapa metode yang digunakan oleh calon independen yaitu menggunakan baliho, spanduk, media online, serta face to face palce calon independen mengunjungi masyarakat yang berada di pasar-pasar tradisional untuk meminta dukungan, dan untuk Harga anggaran yang disediakan oleh calon independen sebanyak Rp667.000.000 yang teridiri dari dana pribadi calon independen sebanyak Rp560.000.000 dan dana sumbangan dari pihak lain sebanyak Rp107.000.000. yang digunakan untuk kampanye selanjutnya ada harga psikologis pada saat memilih pasangan calon masyarakat selalu mempertimbangkan pilihanya dan melihat dari latar belakang yang dimiliki agar masyarakat tidak salah memilih pemimpin serta masih banyak masyarakat yang lebih memilih paslon yang berasal dari partai poltik, dikarenakan calon indpenden masih dianggap baru oleh masyarakat selain itu paslon yang berasal dari parpol banyak dikenal oleh masyarakat dan sudah memiliki pengalaman dalam bidang pemerintahan, dan untuk harga citra nasional, masyarakat percaya bahwa paslon yang mereka pilih dapat membawa dampak yang positif terhadap wilayahnya karena paslon tersebut tampil dan mau untuk dekat dengan masyarakat dan juga visi misi serta program-program yang mereka miliki dapat membawa perubahan untuk kota Samarinda kedepannya.
  • Kata kunci (max. 80 huruf atau 10 kata): Strategi poltik,Calon independen, Pilkada.
  • NIM: 1702025089
  • Angkatan (tahun masuk, mis. 2009): 2017
  • Program Studi: Ilmu Pemerintahahan
  • Sumber tulisan: Skripsi
  • Pembimbing: Dr. Iman Suya, M.Si dan Hj. E. Letizia Dyastari, S.Sos.,M.Si
  • Nama eJournal: eJoournal Ilmu Pemerintahan
  • Volume: 10
  • Nomor: 1
  • Tahun: 2022
  • File artikel eJournal (format .doc, max. 2 Mb): Jurnal Hizkiadven Sanggam Batara L (1702025089) (03-09-22-09-32-20).docx (64 kB)
  • File artikel eJournal (format .PDF, max. 5 Mb): Jurnal Hizkiadven Sanggam Batara L (1702025089) (03-09-22-09-32-20).pdf (156 kB)