eJournal Ilmu Pemerintahan

Fisip Universitas Mulawarman

Kualitas Pelayanan Publik dalam Situasi Pandemi Covid-19 di Kantor Kecamatan Samarinda Seberang (Burhanuddin Fahmi)

Submitted by: Fahmi, Burhanuddin
On: Feb 11, 2022 @ 11:58 AM
IP: 36.83.51.42

  • Judul artikel eJournal: Kualitas Pelayanan Publik dalam Situasi Pandemi Covid-19 di Kantor Kecamatan Samarinda Seberang
  • Pengarang (nama mhs): Burhanuddin Fahmi
  • Abstrak (max. 1600 huruf atau 250 kata): Abstrak Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan Kualitas Pelayanan Publik Dalam Situasi Pandemi Covid-19 Di Kantor Kecamatan Samarinda Seberang. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Teknik Pengumpulan data dilakukan dengan cara penelitian kepustakaan dan penelitian lapangan. Dengan menggunakan metode observasi, wawancara serta dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis data model Interaktif. Dengan menganalisis beberapa indikator serta faktor pendukung dan penghambat. Hasil penelitian menunjukan bahwa Pelayanan Publik di Kantor Kecamantan Samarinda Seberang telah menjalankan indikator tangibles, empati, reliability, responsiveness, assurance pada masa pandemi Covid-19. Ini ditunjukan adanya perubahan pada situasi pelayanan publik di Kecamatan Samarinda Seberang, diantaranya penampilan pegawai yang diwajibkan menggunakan masker, sarung tangan dan berbagai alat protokol kesehatan yang telah disiapkan untuk semua pengguna layanan seperti handsanitezer dan tempat cuci tangan. Selanjutnya pegawai diwajibkan untuk menjalankan pelayanan publik tanpa adanya diskriminasi kepada pengguna layanan. Pegawai diwajibkan untuk menjalankan standar oprasional pelayanan yang telah ditetapkan. Selain itu, pelayanan publik di Kecamatan Samarinda Seberang memilki faktor pendukung dalam proses pemberian layanan ditengah situasi Covid-19 yaitu melakukan monitoring, sifat dinamis instansi, inovasi, sifat ikhlas, serta sarana dan prasarana. Sedangkan, faktor penghambat di dalam pemberian pelayanan publik di Kecamatan Samarinda Seberang yaitu adanya kebijakan yang berubah secara terus menerus, adanya social distancing, dan waktu kerja yang berkurang.
  • Kata kunci (max. 80 huruf atau 10 kata): Kualitas Pelayanan, Pandemi Covid-19
  • NIM: 1402025153
  • Angkatan (tahun masuk, mis. 2009): 2014
  • Program Studi: Ilmu Pemerintahahan
  • Sumber tulisan: Skripsi
  • Pembimbing: Dr. Erwin Resmawan, M.Si & Dr. Anwar As., S.Sos., MM
  • Nama eJournal: eJoournal Ilmu Pemerintahan
  • Volume: 10
  • Nomor: 1
  • Tahun: 2022
  • File artikel eJournal (format .doc, max. 2 Mb): JURNAL BURHANUDDIN FAHMI 1402025153 (02-11-22-11-58-14).doc (102 kB)
  • File artikel eJournal (format .PDF, max. 5 Mb): JURNAL BURHANUDDIN FAHMI 1402025153 (02-11-22-11-58-14).pdf (491 kB)