eJournal Ilmu Pemerintahan

Fisip Universitas Mulawarman

Efektivitas Pelayanan E-KTP di Kecamatan Loa Kulu Kabupaten Kutai Kartanegara (Diyah Ajeng Vitaloka)

Submitted by: ,
On: Aug 5, 2019 @ 11:22 AM
IP: 180.248.121.156

  • Judul artikel eJournal: Efektivitas Pelayanan E-KTP di Kecamatan Loa Kulu Kabupaten Kutai Kartanegara
  • Pengarang (nama mhs): Diyah Ajeng Vitaloka
  • Abstrak (max. 1600 huruf atau 250 kata): Penelitian ini bertujan untuk mendeskripsikan tentang Efektivitas Pelayanan E-KTP di Kecamatan Loa Kulu Kabupaten Kutai Kartanegara, untuk mengetahui faktor penghambat yang dihadapi oleh Kantor Kecamatan Loa Kulu dalam rangka pelayanan Pembuatan E-KTP untuk masyarakat. Penelitian dilaksanakan di Kecamatan Loa Kulu Kabupaten Kutai kartanegara. Jenis penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara penelitian kepustakaan dan penelitian lapangan. Dengan menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis data model interktif. Berdasarkan hasil hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan pelaksanaan Efektivitas Pelayanan E-KTP di Kecamatan Loa Kulu Kabupaten Kutai Kartanegara masih bervariasi dalam memberikan pelayanan. Data yang didapat kemudian di analisa dengan melibatkan pengerjaan reduksi data yang dilakukan dengan jalan membuat abstraksi dan penyajian data sampai pada tahap penarikan kesimpulan. Analisis data yang digunakan adalah model interaktif yang dikembangkan oleh Miles dan Huberman. Hasil Penelitian di Peroleh Penulis bahwa Efektivitas Pelayanan E-KTP di Kecamatan Loa Kulu Kabupaten Kutai Kartanegara, Prosedur-Prosedur pelayanan sudah sederhana karena alaur pelayanan yang singkat dan tidak berbelit-belit. Waktu penyelesaian pelayanan dalam pengurusan E-KTP cukup baik, cepat dan tepat. Karena Kantor Kecamatan Loa Kulu memiliki komitmen pelayanan yang wajib dijalankan sehingga menciptakan pelayanan yang efektif. Biaya pelayanan sudah tidak ada lagi pemungutan biaya dikantor kecamatan Loa Kulu, semua pelayanan yang kami berikan kepada masyarakat bebas dari biaya atau tanpa dipungut biaya sedikitpun dalam hal pembuatan KTP, KK. Produk pelayanan sudah sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan, Sarana dan Prasarana sudah memadai oleh penyelenggara pelayanan publik sangat menentukan dan menunjang keberhasilan penyelenggara pelayanan, dan Kompetensi petugas pelayanan sudah sesuai dengan pengetahuan, keahlian, keterampilan, sikap dan perilaku yang dibutuhka agar pelayanan yang diberikan bermutu. Faktor pengahambat Efektivitas Pelayanan E-KTP di Kecamatan Loa Kulu Kabupaten Kutai Kartanegara yaitu Faktor Penggunaan Teknologi yang masih kurang, Faktor gangguan internet dalam proses pembuatan E-KTP.
  • Kata kunci (max. 80 huruf atau 10 kata): Efektivitas, pelayanan.
  • NIM: 1202025166
  • Angkatan (tahun masuk, mis. 2009): 2012
  • Program Studi: Ilmu Pemerintahahan
  • Sumber tulisan: Skripsi
  • Pembimbing: Dr. Iman Surya, M.Si/Hj. Letizia Dyastari, S.Sos., M.Si
  • Nama eJournal: eJoournal Ilmu Pemerintahan
  • Volume: 7
  • Nomor: 3
  • Tahun: 2019
  • File artikel eJournal (format .doc, max. 2 Mb): 01_format_artikel_ejournal_mulai_hlm_ganjil (08-05-19-11-22-16).doc (118 kB)
  • File artikel eJournal (format .PDF, max. 5 Mb): 01_format_artikel_ejournal_mulai_hlm_ganjil (08-05-19-11-22-16).pdf (622 kB)