eJournal Ilmu Pemerintahan

Fisip Universitas Mulawarman

Strategi Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) dalam Meningkatkan Pelayanan Masyarakat di Desa Nehes Liah Bing Kecamatan Muara Wahau Kabupaten Kutai Timur (Agus Lung Nyuk, Anwar Alaydrus, Melati Dama)

Submitted by: ,
On: May 23, 2019 @ 7:02 AM
IP: 114.125.216.170

  • Judul artikel eJournal: Strategi Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) dalam Meningkatkan Pelayanan Masyarakat di Desa Nehes Liah Bing Kecamatan Muara Wahau Kabupaten Kutai Timur
  • Pengarang (nama mhs): Agus Lung Nyuk, Anwar Alaydrus, Melati Dama
  • Abstrak (max. 1600 huruf atau 250 kata): Agus Lung Nyuk, Strategi Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) dalam Meningkatkan Pelayanan Masyarakat di Desa Nehes Liah Bing Kecamatan Muara Wahau Kabupaten Kutai Timur. Dibawah bimbingan Bapak Dr. Anwar Alaydrus S.Sos, M.M dan Ibu Melati Dama S.sos., M.Si. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan strategi Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) dalam meningkatkan pelayanan masyarakat di Desa Nehes Liah Bing Kecamatan Muara Wahau Kabupaten Kutai Timur. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif yaitu penelitian yang bertujuan untuk memberikan gambaran serta menjelaskan tentang variabel yang diteliti. Teknik pengambilan data pada awalnya menggunakan tehnik Purposive Sampling dan Accidental Sampling. Kemudian berdasarkan temuan dilapangan saat penelitian penulis menggunakan tehnik Purposive Sampling dan Simple Random Sampilng. Tehnik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dokumentasi. Tehnik analisis data yang digunakan adalah model interaktif yang dikemukakan oleh Miles dan Huberman. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa strategi atau upaya yang dijalankan oleh Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Tuah Benua cabang Muara Wahau dalam meningkatkan pelayanan masyarakat yaitu melalui peningkatan kualitas, kuantitas dan kontinuitas pelayanan air bersih, serta penurunan tingkat kehilangan air. Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Tuah Benua cabang Muara Wahau secara keseluruhan telah mengoptimalkan pada setiap pelaksanaannya, terbukti dengan adanya upaya-upaya yang dilakukan melalui program kerja dan kegiatan yang telah dilaksanakan berupa pembenahan dalam peningkatkan kualitas pelayanan PDAM, namun dalam pelaksanaannya PDAM Tirta Tuah Benua cabang Muara Wahau masih memiliki berbagai kendala atau hambatan dari segi pelayanannya, hal ini dikarenakan oleh beberapa faktor seperti curah hujan, air baku, sarana dan prasarana dan kurangnya anggaran (dana) serta faktor eksternal. PDAM Tirta Tuah Benua cabang Muara Wahau saat ini lebih fokus terhadap pembenahan internal PDAM.
  • Kata kunci (max. 80 huruf atau 10 kata): Strategi, Perusahaan Daerah Air Mimun (PDAM), pelayanan
  • NIM: 1302025280
  • Angkatan (tahun masuk, mis. 2009): 2013
  • Program Studi: Ilmu Pemerintahahan
  • Sumber tulisan: Skripsi
  • Pembimbing: Dr. Anwar Alaydrus, S.Sos., MM Melati Dama, S.Sos., M.Si
  • Nama eJournal: eJoournal Ilmu Pemerintahan
  • Volume: 7
  • Nomor: 2
  • Tahun: 2019
  • File artikel eJournal (format .doc, max. 2 Mb): 3. Isi Jurnal (05-23-19-07-02-49).doc (132 kB)
  • File artikel eJournal (format .PDF, max. 5 Mb): 3. Isi Jurnal (05-23-19-07-02-49).pdf (898 kB)