eJournal Ilmu Pemerintahan

Fisip Universitas Mulawarman

Strategi Meningkatkan Kualitas Pelayanan Publik Melalui Program Samarinda Smart City (Studi Kasus Kelurahan Bukuan Kecamatan Palaran Kota Samarinda) (Aulia Nur Annisa, Anwar, Nur Hasanah)

Submitted by: Annisa, Aulia
On: Apr 22, 2019 @ 10:37 AM
IP: 202.67.38.12

  • Judul artikel eJournal: Strategi Meningkatkan Kualitas Pelayanan Publik Melalui Program Samarinda Smart City (Studi Kasus Kelurahan Bukuan Kecamatan Palaran Kota Samarinda)
  • Pengarang (nama mhs): Aulia Nur Annisa, Anwar, Nur Hasanah
  • Abstrak (max. 1600 huruf atau 250 kata): Aulia Nur Annisa, 2019. Strategi Meningkatkan Kualitas Pelayanan Publik Melalui Program Samarinda Smart City (Studi Kasus Kelurahan Bukuan Kecamatan Palaran Kota Samarinda). Program Studi Ilmu Pemerintahan Jurusan Ilmu Administrasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Mulawarman. (Dibimbing oleh dosen Dr. Anwar AS., S.Sos, M.M, dan Nur Hasanah, S.Sos, M.Si). Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif sehingga penelitian bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan strategi meningkatkan kualitas pelayanan publik melalui Program Samarinda Smart City di Kelurahan Bukuan, Kecamatan Palaran, Kota Samarinda, serta faktor yang menghambat dan mendukungnya. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik purposive sampling dengan mengambil sampel kepada pihak yang dianggap paling mengetahui tentang obyek yang diteliti. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data model interaktif yang terdiri dari tiga alur kegiatan, yaitu: kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi meningkatkan kualitas pelayanan publik melalui program Samarinda Smart City di Kelurahan Bukuan, Kecamatan Palaran, Kota Samarinda sudah cukup baik dengan menggunakan strategi kualitas jasa/layanan, strategi sumber daya manusia (SDM) dalam organisasi dan strategi kepuasaan pelanggan, serta strategi tersebut telah sesuai dengan Program Samarinda Smart City yang menginginkan layanan publik Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Kota Samarinda memanfaatkan teknologi dalam informasi dan pelayanannya, akan tetapi terdapat faktor-faktor yang menyebabkan strategi meningkatkan kualitas pelayanan publik melalui program Samarinda Smart City di Kelurahan Bukuan tidak maksimal, seperti: sarana dan prasarana yang kurang mendukung, terkendala anggaran dalam mengadakan pelatihan, kurangnya pengetahuan dan informasi masyarakat mengenai layanan berbasis online, pihak-pihak luar Kelurahan dan kurangnya kedisiplinan aparatur Kelurahan.
  • Kata kunci (max. 80 huruf atau 10 kata): Strategi, pelayanan, smart city, teknologi
  • NIM: 1502025028
  • Angkatan (tahun masuk, mis. 2009): 2015
  • Program Studi: Ilmu Pemerintahahan
  • Sumber tulisan: Skripsi
  • Pembimbing: Dr. Anwar AS., S.Sos, M.M, Nur Hasanah, S.Sos, M.Si
  • Nama eJournal: eJoournal Ilmu Pemerintahan
  • Volume: 7
  • Nomor: 2
  • Tahun: 2019
  • File artikel eJournal (format .doc, max. 2 Mb): JURNAL AULIA NUR ANNISA (NIM1502025028) (04-21-19-11-36-07) (04-22-19-10-37-38).doc (129 kB)
  • File artikel eJournal (format .PDF, max. 5 Mb): JURNAL AULIA NUR ANNISA (NIM1502025028) (04-21-19-11-36-07) (04-22-19-10-37-38).pdf (373 kB)

45 total views, 1 views today