Kualitas Pelayanan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr. Abdul Rivai Terhadap Pasien Pengguna BPJS di Kecamatan Tanjung Redeb Kabupaten Berau (Dwi Indah Saputri, Adam Idris, Melati Dama)
Submitted by: ,
On: Mar 26, 2019 @ 8:20 AM
IP: 182.1.209.125
- Judul artikel eJournal: Kualitas Pelayanan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr. Abdul Rivai Terhadap Pasien Pengguna BPJS di Kecamatan Tanjung Redeb Kabupaten Berau
- Pengarang (nama mhs): Dwi Indah Saputri, Adam Idris, Melati Dama
- Abstrak (max. 1600 huruf atau 250 kata): Penelitian ini dilakukan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr. Abdul Rivai Kecamatan Tanjung Redeb Kabupaten Berau. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara library research dan field work research yaitu observasi, wawancara langsung dengan ¬key informan dan informan, arsip serta dokumen yang berkaitan dengan penelitian. Sumber data diperoleh dengan menggunakan teknik purposive sampling dan accidental sampling. Purposive sampling adalah pemilihan sampel yang ada dalam posisi terbaik untuk memberikan informasi, dan dalam penelitian ini informan yang ditunjuk adalah orang-orang yang benar-benar memahami tentang pelayanan BPJS di RSUD dr. Abdul Rivai Kecamatan Tanjung Redeb Kabupaten Berau. Accidental sampling adalah penentuan sampel berdasarkan kebetulan yaitu siapa saja yang secara kebetulan bertemu dengan peneliti dapat digunakan sebagai sampel bila dipandang cocok sebagai sumber data. Data-data kemudian akan dianalisis secara deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa pelayanan RSUD dr. Abdul Rivai terhadap pasien pengguna BPJS di Kecamatan Tanjung Redeb Kabupaten Berau sudah cukup berkualitas dan sudah berjalan sesuai dengan ketentuan dan ketetapan yang berlaku dari pemerintah, dapat dilihat dari 6 indikator pengukuran yaitu prosedur pelayanan, waktu penyelesaian pelayanan, biaya pelayanan, produk/jenis pelayanan, sarana dan prasarana, serta kompetensi petugas pemberi pelayanan. Namun, dalam pelaksanaannya masih terdapat beberapa kendala, seperti waktu penyelesaian pelayanan yang tidak efisien, sarana dan prasarana yang kurang memadai, seperti ruangan rawat inap yang tidak bisa menampung semua pasien saat pasien yang datang berobat lumayan banyak, fasilitas di kamar ruangan yang tidak memadai seperi kipas angin dan ac yang tidak layak pakai, failitas tempat duduk yang tidak ada di loket pendaftaran rawat inap, fasilitas tempat parkir yang kurang luas, krisis obat-obatan karena ketersediaan obat-obatan yang kosong dari distributor sehingga menyebabkan pihak RSUD dr. Abdul Rivai Kecamatan Tanjung Redeb belum maksimal dalam memberikan pelayanan kepada pasien pengguna BPJS.
- Kata kunci (max. 80 huruf atau 10 kata): Kualitas, pelayanan, pasien, BPJS
- NIM: 1402025147
- Angkatan (tahun masuk, mis. 2009): 2014
- Program Studi: Ilmu Pemerintahahan
- Sumber tulisan: Skripsi
- Pembimbing: Prof. Dr. H. Adam Idris, M.Si/Melati Dama, S.Sos, M.Si
- Nama eJournal: eJoournal Ilmu Pemerintahan
- Volume: 7
- Nomor: 1
- Tahun: 2019
- File artikel eJournal (format .doc, max. 2 Mb): 01_format_artikel_ejournal_mulai_hlm_ganjil (03-26-19-08-20-28).doc (128 kB)
- File artikel eJournal (format .PDF, max. 5 Mb): 01_format_artikel_ejournal_mulai_hlm_ganjil (03-26-19-08-20-28).pdf (810 kB)