eJournal Ilmu Pemerintahan

Fisip Universitas Mulawarman

KUALITAS PELAYANAN RAWAT INAP PESERTA BADAN PENYELENGGARA JAMINAN SOSIAL (BPJS) DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH ABDUL WAHAB SJAHRANIE KOTA SAMARINDA (Bambang Aprianto , Anwar Alaydrus , Budiman)

Submitted by: ,
On: Oct 8, 2018 @ 3:53 PM
IP: 36.74.226.82

  • Judul artikel eJournal: KUALITAS PELAYANAN RAWAT INAP PESERTA BADAN PENYELENGGARA JAMINAN SOSIAL (BPJS) DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH ABDUL WAHAB SJAHRANIE KOTA SAMARINDA
  • Pengarang (nama mhs): Bambang Aprianto , Anwar Alaydrus , Budiman
  • Abstrak (max. 1600 huruf atau 250 kata): Tujuan penelitian ini untuk menganalisis dan menggambarkan kualitas pelayanan rawat inap program Badan Penyelengara Jaminan Sosial pada Rumah Sakit Umum Daerah Abdul Wahab Sjahranie Kota Samarinda. Fokus penelitian yang diteliti yaitu Tangibles (Bukti Fisik), Reliability (Keandalan), Responsiveness (Kersponsifan), Assurance (Jaminan), Emphaty (Empati), data-data yang disajikan menggunakan data primer dan sekunder melalui observasi, dokumntasi, studi pustaka, dan wawancara. Dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif yaitu penelitian yang berusaha menggambarkan objek yang diteliti berdasarkan fakta yang ada dilapangan kemudian dalam penelitian ini pengambilan data dari aparatur di Rumah Sakit Umum Daerah Abdul Wahab Sjahranie Kota Samarinda menggunakan metode purposive sampling, sedangkan data dari masyarakat digunakan metode accidental sampling. kemudian teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian adalah analisis data kualitatif deskriftif dengan model interaktif menurut Miles dan Huberman (dalam Sugiyono, 2013:337). Hasil penelitian menunjukan bahwa kualitas pelayanan program Badan Penyelenggara Jaminan Sosial dilihat dari Tangibles (Bukti Fisik), Reliability (Keandalan), Responsiveness (Kersponsifan), Assurance (Jaminan), Emphaty (Empati) sudah mampu memberikan pelayanan yang memuaskan bagi masyarakat baik yang dirawat inap maupun yang dirawat jalan, Rumah Sakit Umum Daerah Abdul Wahab Sjahranie Kota Samarinda sudah berusaha semaksimal mungkin untuk memberikan pelayanan kesehatan bagi masyarakat di Kalimatan Timur.
  • Kata kunci (max. 80 huruf atau 10 kata): Kualitas, pelayanan, kesehatan, rawat, inap
  • NIM: 1202025184
  • Angkatan (tahun masuk, mis. 2009): 2012
  • Program Studi: Ilmu Pemerintahahan
  • Sumber tulisan: Skripsi
  • Pembimbing: Dr.Anwar Alaydrus, S.Sos, MM /Budiman, S.I.P, M. Si
  • Nama eJournal: eJoournal Ilmu Pemerintahan
  • Volume: 6
  • Nomor: 4
  • Tahun: 2018
  • File artikel eJournal (format .doc, max. 2 Mb): 01_format_artikel_ejournal_mulai_hlm_ganjil (10-08-18-03-53-55).doc (132 kB)
  • File artikel eJournal (format .PDF, max. 5 Mb): 01_format_artikel_ejournal_mulai_hlm_ganjil (10-08-18-03-53-55).pdf (826 kB)