PENGARUH KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN PENGGUNA BPJS DI UPTD. PUSKESMAS LEMPAKE (Wahyu Nuviana ,Muhammad Noor ,Jauchar B)
Submitted by: ,
On: Aug 21, 2018 @ 12:20 PM
IP: 180.248.228.3
- Judul artikel eJournal: PENGARUH KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN PENGGUNA BPJS DI UPTD. PUSKESMAS LEMPAKE
- Pengarang (nama mhs): Wahyu Nuviana ,Muhammad Noor ,Jauchar B
- Abstrak (max. 1600 huruf atau 250 kata): Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pasien pengguna BPJS Kesehatan di UPTD. Puskesmas Lempake. Jenis penelitian yang digunakan merupakan jenis penelitian asosiatif atau uji hipotesis yaitupenelitian yang menjelaskan dan mencari hubungan sebab akibat antara dua variabel atau lebih.Definisi operasional meliputi variabel bebas yaitu kualitas pelayanan dan variabel terikat yaitu kepuasan pasien, dimana seluruh pasien pengguna BPJS Kesehatan di UPTD. Puskesmas Lempake sebagai populasi dan jumlah sampel yang diambil adalah sebanyak 100 responden, teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik penelitian lapangan dan teknik kepustakaan, alat pengukur data yang digunakan adalah skala Likert, teknik analisis data meliputi : uji validitas dan reliabilitas, analisis koefisien sederhana (korelasi product moment) dan analisis regresi sederhana. Berdasarkan analisis data serta pengujian hipotesis yang dilaksanakan dengan menggunakan rumus korelasi product moment, ternyata hipotesis yang diajukan dapat diterima untuk N = 96, dimana harga Rdiperolehsebesar 0,708 dan nilai signifikan 0,000< 0,005. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pasien pengguna BPJS Kesehatan di UPTD. Puskesmas Lempake.
- Kata kunci (max. 80 huruf atau 10 kata): Pelayanan, kepuasan
- NIM: 1302025165
- Angkatan (tahun masuk, mis. 2009): 2013
- Program Studi: Ilmu Pemerintahahan
- Sumber tulisan: Skripsi
- Pembimbing: Dr. H. Muhammad Noor, M.Si dan Jauchar B, S.IP, M.Si
- Nama eJournal: eJoournal Ilmu Pemerintahan
- Volume: 6
- Nomor: 4
- Tahun: 2018
- File artikel eJournal (format .doc, max. 2 Mb): JURNAL JAMAL-1 (08-21-18-12-20-56).doc (189 kB)
- File artikel eJournal (format .PDF, max. 5 Mb): JURNAL JAMAL-1 (08-21-18-12-20-56).pdf (193 kB)