eJournal Ilmu Pemerintahan

Fisip Universitas Mulawarman

PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP TINGKAT KEPUASAN PASIEN RAWAT INAP PENGGUNA KARTU BADAN PENYELENGGARA JAMINAN SOSIAL (BPJS) DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH INCHE ABDUL MOEIS SAMARINDA (Dewi Gustiana Al-Hamzani ,Nur Fitriyah ,Anwar Alaydrus)

Submitted by: ,
On: Aug 20, 2018 @ 3:55 PM
IP: 36.82.193.59

  • Judul artikel eJournal: PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP TINGKAT KEPUASAN PASIEN RAWAT INAP PENGGUNA KARTU BADAN PENYELENGGARA JAMINAN SOSIAL (BPJS) DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH INCHE ABDUL MOEIS SAMARINDA
  • Pengarang (nama mhs): Dewi Gustiana Al-Hamzani ,Nur Fitriyah ,Anwar Alaydrus
  • Abstrak (max. 1600 huruf atau 250 kata): Penelitian ini bertujuan untuk dan menganalisis Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Inap Pengguna Kartu BPJS di Rumah Sakit Umum Daerah Inche Abdul Moeis Samarinda. Metode dalam penelitian ini meliputi jenis penelitian, definisi operasional, sumber data, populasi, teknik pengumpulan data, alat pengukur data, teknik pengolahan data dan analisis data.Jenis penelitian yang diganakan yaitu jenis penelitian asosiatif atau uji hipotesis yaitu penelitian yang menjelaskan dan mencari hubungan sebab akibat antara dua variabel atau lebih.Definisi operasional meliputi Independent Variabel atau Kualitas Pelayanan dan Dependent Variabel atau Kepuasan Pasien.Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu dengan menggunakan penelitian kepustakaan, dan penelitian lapangan.Dan analisis data yang digunakan adalah Koefesien Korelasi Product Moment. Berdasarakan analisis data serta pengujian hipotesis yang dihasilkan dengan menggunakan rumus korelasi product moment ternyata hipotesis yang diajukan dapat diterima untuk N = 39, dimana harga r hitung lebih kecil dari r tabel (0,609 < 0,661). Dalam hal ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh yang kuat antara Kualitas Pelayanan dan Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Inap Pengguna BPJS di Rumah Sakit Inche Abdul Moeis Samarinda.
  • Kata kunci (max. 80 huruf atau 10 kata): Kualitas, pelayanan, kepuasan, pasien, korelasi product moment
  • NIM: 1302025106
  • Angkatan (tahun masuk, mis. 2009): 2013
  • Program Studi: Ilmu Pemerintahahan
  • Sumber tulisan: Skripsi
  • Pembimbing: Prof.Dr.Hj.Nur Fitriyah M.S dan Dr. Anwar Alaydrus, S.Sos, MM
  • Nama eJournal: eJoournal Ilmu Pemerintahan
  • Volume: 6
  • Nomor: 4
  • Tahun: 2018
  • File artikel eJournal (format .doc, max. 2 Mb): Jurnal udah di revisi (08-20-18-03-55-42).doc (233 kB)
  • File artikel eJournal (format .PDF, max. 5 Mb): Jurnal udah di revisi (08-20-18-03-55-42).pdf (218 kB)