eJournal Ilmu Pemerintahan

Fisip Universitas Mulawarman

PENERAPAN PRINSIP – PRINSIP GOOD GOVERNANCE DALAM PENINGKATAN KINERJA PELAYANAN PUBLIK DI KANTOR KELURAHAN MUGIREJO KOTA SAMARINDA (Yasshinta Eka Kurnia, Iman Surya, Budiman)

Submitted by: ,
On: Aug 20, 2018 @ 9:19 AM
IP: 125.160.21.170

  • Judul artikel eJournal: PENERAPAN PRINSIP – PRINSIP GOOD GOVERNANCE DALAM PENINGKATAN KINERJA PELAYANAN PUBLIK DI KANTOR KELURAHAN MUGIREJO KOTA SAMARINDA
  • Pengarang (nama mhs): Yasshinta Eka Kurnia, Iman Surya, Budiman
  • Abstrak (max. 1600 huruf atau 250 kata): Penelitian Skripsi Ini dilakukan berlokasi di Kantor Kelurahan Mugirejo Kota Samarinda. Tujuan dari penulisan skripsi ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan kinerja pelayanan publik di Kantor Kelurahan Mugirejo dan untuk mengetahui faktor-faktor penghambat dalam penerapan prinsip-prinsip Good Governance di Kantor Kelurahan Mugirejo. Fokus dalam penelitian terdiri dari Transparansi, Partisipasi, Akuntabilitas dan Aturan hukum serta faktorfaktor penghambat dalam penerapan prinsip-prinsip Good Governance di Kantor Kelurahan Mugirejo Kota Samarinda. Hasil penelitian bahwa Penerapan prinsipprinsip Good Governance di Kantor Kelurahan Mugirejo sudah cukup baik dan harus ditingkatkan lagi karena ada beberapa indikator yang menjadikan pemberian pelayanan belum optimal. Dari hasil penelitian dari indikator akuntabilitas, jika dilihat dari hasil pekerjaan yang dilakukan oleh para pegawai staf pada bidang masing-masing, terkadang menyelsaikan tugasnya tidak tepat waktu dan dari sumber daya manusia tergolong masih lemah, terlihat dari penggunaan teknologi serta disiplin yang masing kurang. Dan faktor yang menghambat penerapan prinsip-prinsip Good Governance dalam peningkatan kinerja pelayanan publik pada Kantor Kelurahan Mugirejo adalah Komputer yang masih kurang,printer yang sering rusak memerlukan beberapa unit perangkat kerja baru, dan Kemampuan Sumber Daya Manusia (SDM) yang masih lemah. Implikasi penelitian ini diharapkan agar adanya peningkatan kualitas tenaga kerja Sumber Daya Manusia (SDM) dalam memberikan pelayanan serra meningkatkan sarana dan prasarana agar pelaksanaan pelayanan di Kantor Kelurahan Mugirejo dapat lebih baik dan optimal.
  • Kata kunci (max. 80 huruf atau 10 kata): Good Governance, kinerja, pelayanan, publik
  • NIM: 1102025039
  • Angkatan (tahun masuk, mis. 2009): 2011
  • Program Studi: Ilmu Pemerintahahan
  • Sumber tulisan: Skripsi
  • Pembimbing: Dr. Iman Surya, M.Si/Budiman, S.IP, M.Si
  • Nama eJournal: eJoournal Ilmu Pemerintahan
  • Volume: 6
  • Nomor: 4
  • Tahun: 2018
  • File artikel eJournal (format .doc, max. 2 Mb): Jurnal Yasshinta Eka Kurnia (08-20-18-09-19-09).doc (121 kB)
  • File artikel eJournal (format .PDF, max. 5 Mb): Jurnal Yasshinta Eka Kurnia (08-20-18-09-19-09).pdf (779 kB)

Print Friendly, PDF & Email