eJournal Ilmu Pemerintahan

Fisip Universitas Mulawarman

KUALITAS PELAYANAN PUSAT KESEHATAN MASYARAKAT (PUSKESMAS) KAMPUNG BUGIS KEPADA PESERTA BPJS KESEHATAN DI KECAMATAN TANJUNGREDEB KABUPATEN BERAU (Fahrul Rozi, Anwar Alaydrus, Budiman)

Submitted by: ,
On: Jul 30, 2018 @ 8:50 AM
IP: 36.82.198.172

  • Judul artikel eJournal: KUALITAS PELAYANAN PUSAT KESEHATAN MASYARAKAT (PUSKESMAS) KAMPUNG BUGIS KEPADA PESERTA BPJS KESEHATAN DI KECAMATAN TANJUNGREDEB KABUPATEN BERAU
  • Pengarang (nama mhs): Fahrul Rozi, Anwar Alaydrus, Budiman
  • Abstrak (max. 1600 huruf atau 250 kata): Kualitas Pelayanan Puskesmas Kampung Bugis terhadap Peserta BPJS Keshatan di Kecamatan Tanjungredeb Kabupaten Berau. Program Studi Ilmu Pemerintahan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Mulawarman, di bawah bimbingan Bapak Dr.Anwar Alaydrus, S.Sos., M.Si dan Bapak Budiman, M.Si. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis Kualitas Pelayanan Puskesmas dalam pelaksanaan program BPJS Kesehatan serta mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi Kualitas pelayanan Puskesmas terhadap peserta BPJS di Kecamatan Tanjungredeb Kabupaten Berau. Tujuan penelitian ini adalah untuk menggali bagaimana Kualitas Puskesmas. agar kedepannya dapat memberikan informasi maupun pengetahuan Serta analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis data model interaktif dari Matthew B. Milles dan A. Michael Huberman dengan cara pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan atau reduksi data. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini menunjukan bahwa Kualitas Pelayanan Puskesmas Kampung Bugis di Kecamatan Kampung Bugis sudah cukup baik dilihat dari ketanggapan, keandalan, kepercayaan, empati dan wujud serta pendapat langsung dari masyarakat pengguna BPJS yang berobat di Puskesmas Kampung Bugis, akan tetapi belum maksimal karena masih ada beberapa hambatan yang terjadi contohnya iyalah masih sering terjadi kekurangan stok obat-obatan serta masyarakat yang belum mengerti penggunaan BPJS Kesehatan.
  • Kata kunci (max. 80 huruf atau 10 kata): Kualitas, pelayanan, pengguna, BPJS, kecamatan, Tanjungredeb
  • NIM: 1302025148
  • Angkatan (tahun masuk, mis. 2009): 2013
  • Program Studi: Ilmu Pemerintahahan
  • Sumber tulisan: Skripsi
  • Pembimbing: Anwar Alaydrus / Budiman
  • Nama eJournal: eJoournal Ilmu Pemerintahan
  • Volume: 6
  • Nomor: 2
  • Tahun: 2018
  • File artikel eJournal (format .doc, max. 2 Mb): Fahrul Rozi (07-30-18-08-50-45).doc (97 kB)
  • File artikel eJournal (format .PDF, max. 5 Mb): Fahrul Rozi (07-30-18-08-50-45).pdf (357 kB)