eJournal Ilmu Pemerintahan

Fisip Universitas Mulawarman

HUBUNGAN PELAYANAN PEGAWAI ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN (AKTA KELAHIRAN) TERHADAP KEPUASAN MASYARAKAT PADA KANTOR DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL DI KABUPATEN PASER (Septi Susanti Debora, Iman Surya, Anwar Alaydrus)

Submitted by: ,
On: Mar 5, 2018 @ 2:50 PM
IP: 110.136.196.97

  • Judul artikel eJournal: HUBUNGAN PELAYANAN PEGAWAI ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN (AKTA KELAHIRAN) TERHADAP KEPUASAN MASYARAKAT PADA KANTOR DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL DI KABUPATEN PASER
  • Pengarang (nama mhs): Septi Susanti Debora, Iman Surya, Anwar Alaydrus
  • Abstrak (max. 1600 huruf atau 250 kata): Penelitian ini diangkat karena peneliti telah mengetahui secara langsung tentang pelayanan pegawai administrasi (akte kelahiran) yang diberikan kepada masyarakat Kabupaten Paser. Melihat fenomena tersebut, maka peneliti mencoba untuk melihat melalui sudut pandang pelayanan pegawai, sehingga peneliti mencoba untuk melihat hubungan pelayanan pegawai administrasi kependudukan (akte kelahiran) dengan kepuasan masyarakat pada Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Paser. Penelitian ini dilaksanakan pada Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Paser. Dengan sampel pegawai sebayak 20 orang dan selebihnya masyarakat yang mengurus akta kelahiransebanyak 20 orang, sehingga total responden penulis sebanyak 40 orang. Menggunakan teknik Probability Sampling atau Simple Random Sampling. Selanjutnya, data penelitian diperoleh dengan cara menyebarkan kuesioner, kemudian dianalisis dengan menggunakan koefisien korelasi Product Moment dan analisis Koefesien Determinasi. Kemudian setelah digunakan rangkaian hasil uji statistik dalam hasil analisis koefisien korelasinya diperoleh hubungan antara kedua variabel, artinya pelayanan pegawai administrasi kependudukan (akte kelahiran) memiliki hubungan yang positif dan signifikan dengan kepuasan masyarakat pada Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Paser. Kemudian dengan perhitungan terhadap koefisien determinasi diketahui bahwa hubungan pelayanan pegawai dan kepuasan masyarakat pada Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Paser sebesar 69% dan sisanya berasal dari hubungan variabel lain sebesar 31%.
  • Kata kunci (max. 80 huruf atau 10 kata): Pelayanan, pegawai, kepuasan, masyarakat, kabupaten, Paser
  • NIM: 1302025094
  • Angkatan (tahun masuk, mis. 2009): 2013
  • Program Studi: Ilmu Pemerintahahan
  • Sumber tulisan: Skripsi
  • Pembimbing: Iman Surya / Anwar Alaydrus
  • Nama eJournal: eJoournal Ilmu Pemerintahan
  • Volume: 6
  • Nomor: 2
  • Tahun: 2018
  • File artikel eJournal (format .doc, max. 2 Mb): Septi Susanti Debora (03-05-18-02-50-19).doc (126 kB)
  • File artikel eJournal (format .PDF, max. 5 Mb): Septi Susanti Debora (03-05-18-02-50-19).pdf (468 kB)