eJournal Ilmu Pemerintahan

Fisip Universitas Mulawarman

KUALITAS PELAYANAN PT. PERUSAHAAN LISTRIK NEGARA (PLN) PERSERO AREA BALIKPAPAN RAYON PETUNG KEPADA MASYARAKAT DI KECAMATAN SEPAKU KABUPATEN PENAJAM PASER UTARA (Puji Titik Wuryani, Muh. Jamal, E. Letizia Dyastari)

Submitted by: ,
On: Jan 25, 2018 @ 10:17 AM
IP: 36.83.54.128

  • Judul artikel eJournal: KUALITAS PELAYANAN PT. PERUSAHAAN LISTRIK NEGARA (PLN) PERSERO AREA BALIKPAPAN RAYON PETUNG KEPADA MASYARAKAT DI KECAMATAN SEPAKU KABUPATEN PENAJAM PASER UTARA
  • Pengarang (nama mhs): Puji Titik Wuryani, Muh. Jamal, E. Letizia Dyastari
  • Abstrak (max. 1600 huruf atau 250 kata): Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan Kualitas pelayanan kepada masyarakat di Kecamatan Sepaku pada kantor PT. Perusahaan Listrik Negara (PLN) persero Area Balikpapan Kantor pelayanan Rayon Petung Kabupaten Penajam Paser Utara dan untuk mengetahui dan mendeskripsikan apa saja faktor pendukung dan penghambat kualitas pelayanan kepada masyarakat di Kecamatan Sepaku pada Kantor pelayanan Rayon Petung Kabupaten Penajam Paser Utara. Jenis penelitian yang dilakukan termasuk deskriptif kualitatif. Fokus penelitian ini yaitu Kualitas Pelayanan Kepada masyarakat di Kecamatan Sepaku, meliputi tangible (berwujud/buktifisik), Reliability (Kehandalan), Responsiviness (Respon/ketanggapan), Assurance (Jaminan), Empathy (empati) dan faktor pendukung dan penghambat Kualitas Pelayanan PT. Perusahaan Listrik Negara (PLN) Persero Area Balikpapan Rayon Petung Kepada masyarakat di Kecamatan Sepaku Kabupaten Penajam Paser Utara. Berdasarkan hasil penelitian, dapat diketahui bahwa PT. PLN (persero) Area Balikpapan Rayon petung memiliki peranan penting dalam memberikan pelayanan listrik kepada seluruh masyarakat, dapat dikatakan sudah terlaksana cukup baik dan sesuai dengan peraturan. Untuk Faktor Pendukungnya yakni: adanya sarana dan prasarana yang mendukung pelayanan, dan yang menjadi faktor penghambatnya yakni kurangnya kecermatan pegawai dalam pencatatan meteran, kurangnya kesadaran masyarakat dalam membayar tagihan listrik tepat pada waktunya ,lambatnya proses pelayanan calon pelanggan pemasangan baru, adanya hambatan teknis dalam pelayanan dan seringnya ganguan jaringan akibat terlalu jauhnya jarak antara pembangkit listrik dengan wilayah sepaku yang mengakibatkan pemadaman listrik di Kecamatan Sepaku
  • Kata kunci (max. 80 huruf atau 10 kata): Kualitas, pelayanan, PLN, pelanggan, rayon, Petung
  • NIM: 1302025091
  • Angkatan (tahun masuk, mis. 2009): 2013
  • Program Studi: Ilmu Pemerintahahan
  • Sumber tulisan: Skripsi
  • Pembimbing: Muh. Jamal / E. Letizia Dyastari
  • Nama eJournal: eJoournal Ilmu Pemerintahan
  • Volume: 6
  • Nomor: 1
  • Tahun: 2018
  • File artikel eJournal (format .doc, max. 2 Mb): Puji Titik Wuryani (01-25-18-10-17-01).doc (117 kB)
  • File artikel eJournal (format .PDF, max. 5 Mb): Puji Titik Wuryani (01-25-18-10-17-01).pdf (684 kB)

Print Friendly, PDF & Email