eJournal Ilmu Pemerintahan

Fisip Universitas Mulawarman

STUDI TENTANG AKUNTABILITAS DAN TRANSPARANSI PELAYANAN PUBLIK PEMBUATAN KARTU KELUARGA DI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN PASER (Mustina)

Submitted by: ,
On: Sep 27, 2017 @ 11:18 AM
IP: 36.80.58.151

  • Judul artikel eJournal: STUDI TENTANG AKUNTABILITAS DAN TRANSPARANSI PELAYANAN PUBLIK PEMBUATAN KARTU KELUARGA DI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN PASER
  • Pengarang (nama mhs): Mustina
  • Abstrak (max. 1600 huruf atau 250 kata): Penelitian ini bertujuan untuk megetahui Akuntabilitas dan Transparansi Pelayanan Publik Pembuatan Kartu Keluarga Di Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kabupaten Paser dan untuk mengetahui hambatan-hambatan yang dihadapi dalam pelaksanaan pelaksanaan Akuntabilitas dan Tranparansi pelayanan pembuatan Kartu Keluarga di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Paser. Pengumpulan data dilakukan dengan penelitian kepustakaan, observasi, wawancara dan dokumentasi. Sumber data yang diperoleh dengan menggunakan teknik purposive sampling dan teknik Accidental Sampling, Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif, yaitu analisis data model interaktif, yang diawali dengan proses pengumpulan data, penyederhanaan data, (data reduction), penyajian data (data display) dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian, Akuntabilitas kinerja pelayan publik masih terdapat petugas yang kurang responsif, produk yang diterima oleh masyarakat sudah benar, tepat, dan sah, waktu penyelesaian lebih dari jadwal yang ditentukan, Prosedur pelayanan yang telah sesuai dengan ketentuan yang ada, dan biaya pelayanan sudah dapat berjalan dengan baik dengan tidak adanya pungutan liar. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah bahwa Disduk Capil belum mampu menjalankan Prinsip Akuntabilitas dan Transparansi dengan baik, masih ada keterbatasan fasilitas pendukung pelayanan seperti sering mati lampu, jaringan yang tidak bagus serta jarak yang dimiliki untuk melayani masyarakat membuat Kartu Keluarga serta perlunya peningkatan dan perbaikan kinerja petugas penyelenggara pelayanan di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Paser dan peningkatan sarana penunjang.
  • Kata kunci (max. 80 huruf atau 10 kata): akuntabilitas, transparansi, pelayanan, publik
  • NIM: 1202025056
  • Angkatan (tahun masuk, mis. 2009): 2012
  • Program Studi: Ilmu Pemerintahahan
  • Sumber tulisan: Skripsi
  • Pembimbing: Dr. H. Muhammad Noor, M.Si, Dr. Rita Kalla Linggi, M.Si
  • Nama eJournal: eJoournal Ilmu Pemerintahan
  • Volume: 5
  • Nomor: 4
  • Tahun: 2017
  • File artikel eJournal (format .doc, max. 2 Mb): 01_format_artikel_ejournal_mulai_hlm_ganjil (09-27-17-11-18-34).doc (88 kB)
  • File artikel eJournal (format .PDF, max. 5 Mb): 01_format_artikel_ejournal_mulai_hlm_ganjil (09-27-17-11-18-34).pdf (60 kB)

260 total views, 1 views today