eJournal Ilmu Pemerintahan

Fisip Universitas Mulawarman

KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN PADA PUSAT KESEHATAN MASYARAKAT (PUSKESMAS) REMAJA DI KELURAHAN SUNGAI PINANG DALAM (Tita Setiani)

Submitted by: ,
On: Jun 8, 2017 @ 11:11 AM
IP: 110.139.153.84

  • Judul artikel eJournal: KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN PADA PUSAT KESEHATAN MASYARAKAT (PUSKESMAS) REMAJA DI KELURAHAN SUNGAI PINANG DALAM
  • Pengarang (nama mhs): Tita Setiani
  • Abstrak (max. 1600 huruf atau 250 kata): Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui Kualitas Pelayanan kesehatan Pada Pusat Kesehatan Masyarakat (PUSKESMAS) Remaja di Kelurahan Sungai Pinang Dalam samarinda dan mengetahui faktor penghambatnya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, penelitian yang dilakukan terhadap variable mandiri tanpa melakukan perbandingan dan menghubungkan dengan variable lainnya dengan fokus kualitas pelayanan kesehatan yang terdiri dari dimensi Responsiveness, Reliability, Assurance, Empathy dan Tangible dan juga faktor penghambat kualitas pelayanan kesehatan pada PUSKESMAS Remaja. Penelitian ini menggunakan teknik Purposive Sampling dan Accidental Sampling kemudian teknik penguumpulan data dilakukan dengan penelitian kepustakaan serta penelitian lapangan dengan cara melakukan wawancara secara mendalam dan penelitian dokumen. Dan analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif dengan model interaktif (Miles & Huberman, 1992). Hasil penelitan dapat disimpulkan bahwa Kualitas Pelayanan Kesehatan Pada PUSKESMAS Remaja di Keluarahan Sungai Pinang Dalam Samarinda belum berjalan dengan baik. Hal tersebut terbukti dengan kurangnya pengawasan terhadap pegawai sehingga tidak menjalankan tugasnya dengan maksimal dan jadwal pelayanan yang diberikan belum sesuai dengan yang tertulis juga banyak fasilitas yang harus diperbaiki maupun dilengkapi. Kemudian kendala yang dihadapi oleh Puskesmas Remaja adalah disiplin pegawai yang masih rendah terkait jadwal pelayanan yang terlaksana belum sesuai dengan jadwal yang ada, masih terbatasnya anggaran operasional dan juga terbatasnya kelengkapan fasilitas yang tersedia.
  • Kata kunci (max. 80 huruf atau 10 kata): Kualitas, pelayanan, kesehatan, masyarakat
  • NIM: 1302025166
  • Angkatan (tahun masuk, mis. 2009): 2013
  • Program Studi: Ilmu Pemerintahahan
  • Sumber tulisan: Skripsi
  • Pembimbing: Dr. Erwin Resmawan, M.Si / Dr. Anwar Alaydrus, S.Sos, MM
  • Nama eJournal: eJoournal Ilmu Pemerintahan
  • Volume: 5
  • Nomor: 2
  • Tahun: 2017
  • File artikel eJournal (format .doc, max. 2 Mb): Tita Setiani (06-08-17-11-11-08).doc (119 kB)
  • File artikel eJournal (format .PDF, max. 5 Mb): Tita Setiani (06-08-17-11-11-08).pdf (460 kB)