eJournal Ilmu Pemerintahan

Fisip Universitas Mulawarman

SURVEI KEPUASAN MASYARAKAT DALAM PELAYANAN PEMBUATAN E-KTP DI KANTOR KECAMATAN SAMARINDA SEBERANG (Sabila Nursadida)

Submitted by: ,
On: Jun 8, 2017 @ 10:43 AM
IP: 110.139.153.84

  • Judul artikel eJournal: SURVEI KEPUASAN MASYARAKAT DALAM PELAYANAN PEMBUATAN E-KTP DI KANTOR KECAMATAN SAMARINDA SEBERANG
  • Pengarang (nama mhs): Sabila Nursadida
  • Abstrak (max. 1600 huruf atau 250 kata): Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui Survei Kepuasan Masyarakat dalam Pelayanan Pembuatan E-KTP di Kantor Kecamatan Samarinda Seberang dengan indikator: Persyaratan dalam pelayanan pembuatan E-KTP yaitu syarat yang harus di penuhi dalam pengurusan suatu jenis pelayanan, Prosedur dalam pelayanan pembuatan E-KTP yaitu pemberian pelayanan yang sesuai dengan prosedur yang berlaku, Waktu Pelayanan Pembuatan E-KTP yaitu target waktu yang ditentukan dalam pelayanan pembuatan E-KTP, Perilaku pegawai dalam pelayanan pembuatan E-KTP yaitu sikap petugas dalam memberikan pelayanan, dan juga untuk mengetahui faktor-faktor penghambat pelayanan pembuatan E-KTP di Kantor Kecamatan Samarinda Seberang yaitu blangko yang masih kurang dan gangguan jaringan internet sehingga masyarakat Samarinda Seberang yang harus menunggu lama untuk dapat memiliki E-KTP. Analisis data yang digunakan adalah Analisis Data Model Interaktif yang dicetuskan oleh Matthew B.Milles dan Michael Huberman dalam Sugiyono (2005;92), Analisis Data Model Interaktif diawali dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Dengan penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data dengan melakukan penelitian perpustakaan, penelitian lapangan yaitu dengan pengumpulan data melalui kegiatan observasi, wawancara, dokumentasi untuk mendapatkan informasi yang lebih jelas sesuai dengan yang dibutuhkan dalam penelitian. Hasil penelitian diperoleh gambaran secara keseluruhan bahwa pelayanan pembuatan E-KTP di Kantor Kecamatan Samarinda Seberang yaitu persyaratan dalam pelayanan pembuatan E-KTP sudah jelas dan mudah dilengkapi, prosedur dalam pelayanan pembuatan E-KTP sudah sederhana dan jelas, sedangkan waktu pelayanan pembuatan E-KTP belum sesuai yang diharapkan masyarakat, dikarenakan faktor penghambat berupa blangko yang kurang dan gangguan jaringan internet sehingga masyarakat lambat memiliki E-KTP, dan perilaku pegawai dalam pelayanan pembuatan E-KTP belum maksimal.
  • Kata kunci (max. 80 huruf atau 10 kata): Kepuasan masyarakat, pelayanan, publik
  • NIM: 1302025155
  • Angkatan (tahun masuk, mis. 2009): 2013
  • Program Studi: Ilmu Pemerintahahan
  • Sumber tulisan: Skripsi
  • Pembimbing: Dr. Erwin Resmawan, M.Si / Dr. Santi Rande , S.Sos, M.Si
  • Nama eJournal: eJoournal Ilmu Pemerintahan
  • Volume: 5
  • Nomor: 2
  • Tahun: 2017
  • File artikel eJournal (format .doc, max. 2 Mb): Sabila Nursadida (06-08-17-10-43-40).doc (94 kB)
  • File artikel eJournal (format .PDF, max. 5 Mb): Sabila Nursadida (06-08-17-10-43-40).pdf (379 kB)