eJournal Ilmu Pemerintahan

Fisip Universitas Mulawarman

PELAKSANAAN FUNGSI PUSKESMAS (PUSAT KESEHATAN MASYARAKAT) DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN DI KECAMATAN LONG KALI KABUPATEN PASER (Nor Sanah)

Submitted by: ,
On: Mar 1, 2017 @ 9:15 AM
IP: 36.83.37.75

  • Judul artikel eJournal: PELAKSANAAN FUNGSI PUSKESMAS (PUSAT KESEHATAN MASYARAKAT) DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN DI KECAMATAN LONG KALI KABUPATEN PASER
  • Pengarang (nama mhs): Nor Sanah
  • Abstrak (max. 1600 huruf atau 250 kata): Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tentang pelaksanaan fungsi puskesmas dalam meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan dan untuk mengidentifikasikan faktor-faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan fungsi pelayanan di Puskesmas Long Kali. Indikator dari penelitian ini: Keandalan (reliability), Daya Tanggap (Responsiveness), Jaminan (Assurance), Perhatian (Emphaty), Bukti Fisik (Tangible). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif, sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Kepustakaan, Penelitian Lapangan. Adapun teknik analisa data yang digunakan adalah analisa interaktif yang merupakan rangkaian dari proses pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan fungsi puskesmas dalam meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan sudah cukup baik hal ini dapat terlihat dari prosedur pelayanan puskesmas yang cukup mudah dengan adanya alur pelayanan untuk memudahkan pasien dan juga petugas dalam memberikan pelayanan sudah cukup baik dilihat dari perhatian kepada pasien yang datang dalam pemeriksaan maupun pengobatan. Sedangkan masalah-masalah yang terdapat dalam pelayanan masalah disiplin petugas kesehatan dari segi waktu, yaitu jam masuk dan jam pulang kerja dan kesadaran yang rendah dalam melakukan tugas, dan kewajiban. Dari hasil penelitian, diperoleh kesimpulan bahwa pelayanan yang diberikan oleh Puskesmas Long Kali masih membutuhkan upaya peningkatan. Saran utama bagi Puskesmas Long Kali adalah pegawai yang memiliki fungsi rangkap harus memilih salah satu fungsi yang benar-benar dikuasai dan sesuai dengan kemampuan yang dimiliki, agar dapat memberikan hasil yang lebih baik dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.
  • Kata kunci (max. 80 huruf atau 10 kata): Pelaksanaan, fungsi, Puskesmas, kualitas, pelayanan, kesehatan
  • NIM: 1202025026
  • Angkatan (tahun masuk, mis. 2009): 2012
  • Program Studi: Ilmu Pemerintahahan
  • Sumber tulisan: Skripsi
  • Pembimbing: Dr. Anwar Alaydrus, S.Sos, MM / Hj. E. Letizia Dyastari, S.Sos, M.Si
  • Nama eJournal: eJoournal Ilmu Pemerintahan
  • Volume: 5
  • Nomor: 1
  • Tahun: 2017
  • File artikel eJournal (format .doc, max. 2 Mb): Nor Sanah (03-01-17-09-15-45).doc (93 kB)
  • File artikel eJournal (format .PDF, max. 5 Mb): Nor Sanah (03-01-17-09-15-45).pdf (355 kB)