KINERJA PEGAWAI SAMSAT DALAM PEMBERIAN PELAYANAN PUBLIK DI KANTOR SAMSAT PEMBANTU SAMARINDA SEBERANG KOTA SAMARINDA (Dearosa Maharani)
Submitted by: ,
On: Jan 24, 2017 @ 10:21 AM
IP: 36.82.200.27
- Judul artikel eJournal: KINERJA PEGAWAI SAMSAT DALAM PEMBERIAN PELAYANAN PUBLIK DI KANTOR SAMSAT PEMBANTU SAMARINDA SEBERANG KOTA SAMARINDA
- Pengarang (nama mhs): Dearosa Maharani
- Abstrak (max. 1600 huruf atau 250 kata): Kinerja Pegawai Samsat Dalam Pemberian Pelayanan Publik di Kantor Samsat Pembantu Samarinda Seberang Kota Samarinda, dibawah bimbingan yang saya hormati Bapak Dr. H. Muh. Jamal Amin, M.Si selaku dosen pembimbing I dan Ibu Hj. Letizia Dyastari, S.Sos. M.Si selaku dosen pembimbing II. Menurut Undang-Undang nomor 25 tahun 2009 tentang pelayanan publik, pelayanan publik adalah kegiatan atau rangkaian kegiatan dalam rangka pemenuhan kebutuhan pelayanan sesuai dengan peraturan perundang-undangan bagi setiap warga negara dan penduduk atas barang, jasa, dan/atau pelayanan administratif yang disediakan oleh penyelenggara pelayanan publik. Beribicara tentang pelayanan berarti tidak terlepas dari yang namanya birokrasi, permaslahan tentang birokrasi adalah permasalahan klasik yang tetap menarik untuk diperbincangkan. Birokrasi dikritik dimana-mana, dianggap mempunyai banyak kelemahan, birokrasi dianggap berbelit-belit, akan tetapi birokrasi masih sangat dibutuhkan oleh masyarakat sampai sekarang. Hal ini dikarenakan birokrasi mempunyai peranan yang sangat besar dalam kehidupan masyarakat terutama dalam memberikan pelayanan. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Sumber data yang digunakan adalah data yang diperoleh melalui wawancara dengan informan, penelusuran lapangan, selain itu juga diperoleh melalui dokumen-dokumen yang berkaitan. Berdasarkan jenis penelitiannya peneliti menggunakan teknik analisis data model interaktif; kondensasi data, penyajian data, dan pengambilan kesimpulan dan verifikasi untuk mengolah data. Hasil penelitian Kinerja Pegawai Samsat Dalam Pemberian Pelayanan Publik di Kantor Samsat Pembantu Samarinda Seberang Kota Samarinda mengenai kualitas dan kuantitas kinerja pegawai dalam pemberian pelayanan publik, dan tanggung jawab pegawai dalam pemberian pelayanan kepada msyarakat. Faktor penghambat proses peningkatan kualitas kinerja pegawai dalam pemberian pelayanan publik di Kantor Samsat Pembantu Samarinda Seberang Kota Samarinda sebagai berikut : masalah jaringan yang sering kali muncul menjadi penghambat dalam proses kinerja pegawai, yang mengakibatkan tidak tepatnya waktu pengerjaan dan membuat masyarakat menunggu terlalu lama. Serta ruang tunggu yang kecil dan kurangnya fasilitas pendingin udara (AC).
- Kata kunci (max. 80 huruf atau 10 kata): Kinerja, Pegawai, Samsat, Pelayanan Publik
- NIM: 1202025059
- Angkatan (tahun masuk, mis. 2009): 2012
- Program Studi: Ilmu Pemerintahahan
- Sumber tulisan: Skripsi
- Pembimbing: Dr. H. Muh. Jamal Amin, M.Si / Hj. E. Letizia Dyastari, S.Sos, M.Si
- Nama eJournal: eJoournal Ilmu Pemerintahan
- Volume: 5
- Nomor: 1
- Tahun: 2017
- File artikel eJournal (format .doc, max. 2 Mb): Dearosa Maharani (01-24-17-10-21-25).doc (108 kB)
- File artikel eJournal (format .PDF, max. 5 Mb): Dearosa Maharani (01-24-17-10-21-25).pdf (209 kB)