eJournal Ilmu Pemerintahan

Fisip Universitas Mulawarman

PENERAPAN PRINSIP-PRINSIP GOOD GOVERNANCE DALAM PELAYANAN PUBLIK DI DINAS PENDAPATAN DAERAH KOTA SAMARINDA (Deandlles Christover)

Submitted by: ,
On: Nov 2, 2016 @ 2:52 PM
IP: 103.31.207.25

  • Judul artikel eJournal: PENERAPAN PRINSIP-PRINSIP GOOD GOVERNANCE DALAM PELAYANAN PUBLIK DI DINAS PENDAPATAN DAERAH KOTA SAMARINDA
  • Pengarang (nama mhs): Deandlles Christover
  • Abstrak (max. 1600 huruf atau 250 kata): Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana proses pelayanan publik yang di laksanakan di Dinas Pendapatan Daerah Kota Samarinda dengan menggunakan prinsip-prinsip Good Governance, sehingga pelayanan publik tersebut dapat terselenggara dengan cepat dan tepat waktu. Dalam penelitian ini, prinsip-prinsip Good Governance yang diteliti hanya dibatasi pada prinsip yang dikaitkan dengan partisipasi masyarakat, transparansi, kesetaraan, efektivitas, serta peneliti juga mengemukakan faktor-faktor yang menjadi penghambat didalam proses pelayanan publik di Dinas Pendapatan Daerah Kota Samarinda.
    Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif dengan tujuan menggambarkan serta mendeskripsikan bagaimana proses pelayanan publik yang dilaksanakan di Dinas Pendapatan Daerah Kota Samarinda dengan mengacu pada prinsip-prinsip Good Governance.
    Adapun analisis data yang digunakan adalah analisis data model interaktif yang dikemukakan oleh Miles, Huberman, dan Saldana tahun (2014:33), dimana anlisis data ini terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data sekunder dengan melakukan penelitian kepustakaan dan sumber-sumber data sekunder lainnya serta melakukan penelitian langsung ke lapangan untuk mendapatkan data primer melalui wawancara yang mendalam (interview indeep).
    Dari hasil penelitian yang dilakukan, menunjukan bahwa Penerapan Prinsip-Prinsip Good Governance dalam Pelayanan Publik di Dinas Pendapatan Daerah Kota Samarinda khususnya yang berhubungan dengan partisipasi masyarakat menunjukan bahwa sebenarnya partisipasi masyarakat masih relatif rendah. Hal tersebut dikarenakan adanya kekurangan disiplin para pegawai yang melayani para wajib pajak mengakibatkan disiplin masyarakat cenderung atau relatif menurun. Sedangkan dalam transparansi, kesetaraan, dan efektifitas, pelayanan publik telah dilaksanakan secara baik dan optimal
  • Kata kunci (max. 80 huruf atau 10 kata): Good Governance, Pelayanan Publik, Partisipasi, Transparansi, Kesertaraan
  • NIM: 1302025025
  • Angkatan (tahun masuk, mis. 2009): 2013
  • Program Studi: Ilmu Pemerintahahan
  • Sumber tulisan: Skripsi
  • Pembimbing: Dr. Erwin Resmawan, M.Si ; Drs. H. Burhanudin, M.Si
  • Nama eJournal: eJoournal Ilmu Pemerintahan
  • Volume: 4
  • Nomor: 4
  • Tahun: 2016
  • File artikel eJournal (format .doc, max. 2 Mb): 01_format_artikel_ejournal_mulai_hlm_ganjil (11-02-16-02-52-36).doc (112 kB)
  • File artikel eJournal (format .PDF, max. 5 Mb): 01_format_artikel_ejournal_mulai_hlm_ganjil (11-02-16-02-52-36).pdf (92 kB)