PENERAPAN (ELECTRONIC GOVERNMENT) e-GOVERNMENT PADA KANTOR PELAYANAN PAJAK PRATAMA DALAM PEMBERIAN PELAYANAN DI KOTA BONTANG (Ayu Aditya Oktavya)
Submitted by: ,
On: Oct 15, 2015 @ 2:37 PM
IP: 36.82.231.36
- Judul artikel eJournal: PENERAPAN (ELECTRONIC GOVERNMENT) e-GOVERNMENT PADA KANTOR PELAYANAN PAJAK PRATAMA DALAM PEMBERIAN PELAYANAN DI KOTA BONTANG
- Pengarang (nama mhs): Ayu Aditya Oktavya
- Abstrak (max. 1600 huruf atau 250 kata): Ayu Aditya Oktavya, Penerapan Electronic Government (e-Government) Pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Dalam Pemberian Pelayanan Di Kota Bontang. Dibawah bimbingan Bapak Dr. H. Muh. Jamal Amin M.Sidan BapakLutfi Wahyudi, S.Sos, M.Si.
Penelitian ini bertujuan untuk mengukur tingkat keberhasilan dari penerapan e-Government pada website pajak.go.id dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat khususnya wajib pajak pada Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Kota Bontang serta mengetahui kendala-kendala apa saja yang dihadapi dalam pengenalan maupun penerapan sistem e-Government tersebut.
Jenis penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif, yaitu penelitian yang bermaksud menggambarkan atau memaparkan situasi atau kejadian dimana informan yang diperoleh melalui Metode Purposive Sampling, sedangkan analisis data yang digunakan adalah metode Interaktif dari Miles dan Huberman.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan sistem electronic government(e-government) pada Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Kota Bontang belum dapat dikatakan berhasil. Hal tersebut dikarenakan antara lain ialah Pertama, kurangnya kesadaran masyarakat dalam berpartisipasi terhadap penggunaan electronic government(e-government). Kedua, kurangnya persiapan SDM yang terlihat pada penempatan jabatan yang tidak sesuai dengan jenjang pendidikan dan keahliannya serta posisi Operator Console yang hanya ditangani oleh satu pegawai saja.Kemudian yang ketiga, untuk hal dukungan dalam bentuk anggaran tidak menjadi prioritas utama dalam pengembangan electronic government(e-government).Terakhir yang keempat, dari segi infrastruktur bagi pegawai Kantor Pelayanan Pajak (KPP) khususnya pada seksi pegolahan data dan informasi sudah memadai namun infrastruktur yang disediakan untuk masyarakat masih kurang dikarenakan hanya terdapat satu unit komputer saja.Kemudian kendala yang dihadapi ialah kurangnya sosialisasi yang secara khusus dari pihak Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama dalam memperkenalkan maupun memberikan edukasi terhadap masyarakat mengenai electronic government t(e-government) sehingga membuat masyarakat apatis terhadap penerapan e-government tersebut. - Kata kunci (max. 80 huruf atau 10 kata): e-Government, Pelayanan, Pajak
- NIM: 1102025004
- Angkatan (tahun masuk, mis. 2009): 2011
- Program Studi: Ilmu Pemerintahahan
- Sumber tulisan: Skripsi
- Pembimbing: Dr. H. Muh. Jamal Amin, M.Si & Lutfi Wahyudi, S.Sos, M.Si
- Nama eJournal: eJoournal Ilmu Pemerintahan
- Volume: 3
- Nomor: 3
- Tahun: 2015
- File artikel eJournal (format .doc, max. 2 Mb): JURNAL AYU fix (10-15-15-02-37-23).docx (50 kB)
- File artikel eJournal (format .PDF, max. 5 Mb): JURNAL AYU fix (10-15-15-02-37-23).pdf (87 kB)