eJournal Ilmu Pemerintahan

Fisip Universitas Mulawarman

KOMPETENSI KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA DI SMP NEGERI 12 SAMARINDA (NURYADI)

Submitted by: ,
On: May 20, 2015 @ 10:37 AM
IP: 36.75.90.87

  • Judul artikel eJournal: KOMPETENSI KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA DI SMP NEGERI 12 SAMARINDA
  • Pengarang (nama mhs): NURYADI
  • Abstrak (max. 1600 huruf atau 250 kata): Nuryadi, Kompetensi kepala sekolah dalam meningkatkan prestasi belajar siswa di SMP Negeri 12 Samarinda. Dibawah bimbingan Bapak Drs. Daud Kondorura, M.Si dan Bapak Drs. H. Burhanudin, M.Si.
    Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui kompetensi kepala sekolah dalam meningkatkan prestasi belajar siswa di SMP Negeri 12 Samarinda.
    Teknik pengumpulan data menggunakan tiga cara yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sumber data yang digunakannya itu teknik purposive sampling. Sementara fokus penelitian ini adalah : 1. Kompetensi Kepala Sekolah meliputi : a. Kepala sekolah sebagai educator, b. Kepala sekolah sebagai leader, c. Kepala sekolah sebagai manajer, d. Kepala sekolah sebagai supervisor, e. Kepala sekolah sebagai motivator. 2. Prestasi apa saja yang telah dicapai siswa SMP Negeri 12 Samarinda baik yang bersifat akademik maupun non akademik.
    Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa kepala sekolah SMP Negeri 12 Samarinda melaksanakan kompetensi kepala sekolah sebagai educator (pendidik) beliau tidak hanya lantang dalam berpidato di depan warga sekolah namun juga langsung turun tangan dalam setiap kegiatan di sekolah. Terutama dalam hal penggunaan waktu belajar secara efektif. Beliau selalu berpesan kepada guru untuk selalu menggunakan waktu belajar secara efektif disekolah, yaitu dengan memulai dan mengakhiri pembelajaran sesuai waktu yang telah ditentukan serta memanfaatkannya secara efektif dan efisien untuk kepentingan pembelajaran. Kepala sekolah sebagai leader dengan memberikan petunjuk dan pengawasan, dan membuka komunikasi dua arah. Kepala sekolah sebagai manajer dengan memberdayakan tenaga kependidikan melalui kerjasama, menggerakkan, mempengaruhi serta memberikan dorongan kepada seluruh tenaga kependidikan yang ada dalam lembaga pendidikan yang dipimpinnya untuk meningkatkan prestasi belajar siswa. Kepala sekolah sebagai supervisor dengan melakukan pengawasan dan pengendalian, serta menyusun dan melaksanakan program supervisi pendidikan. Kepala sekolah memberikan pengawasan dengan kunjungan kelas, dan menyusun program supervisi. Kepala sekolah sebagai motivator
    dengan memberikan motivasi kepada guru, pegawai dan siswa, serta mengatur lingkungan fisik dan suasana kerja. Kepala sekolah memberikan motivasi dengan memberikan hadiah dan pujian. Dalam peningkatan prestasi belajar siswa kepala sekolah SMP Negeri 12 Samarinda telah melaksanakan upaya formal dan non formal. Upaya akademik dapat berupa kegiatan BIMBEL sedangkan untuk upaya non akademik dapat berupa mengefektifkan kegiatan latihan, mendatangkan pelatih profesional, dan lain-lain. Berdasarkan upaya tersebut, prestasi siswa SMP Negeri 12 Samarinda saat ini cukup memuaskan baik akademik maupun non akademik.
  • Kata kunci (max. 80 huruf atau 10 kata): Kompetensi, Kepala Sekolah, Prestasi Belajar
  • NIM: 1102025253
  • Angkatan (tahun masuk, mis. 2009): 2011
  • Program Studi: Ilmu Pemerintahahan
  • Sumber tulisan: Skripsi
  • Pembimbing: Drs. Daud Kondorura, M.Si Drs. H.Burhanudin, M.Si
  • Nama eJournal: eJoournal Ilmu Pemerintahan
  • Volume: 3
  • Nomor: 2
  • Tahun: 2015
  • File artikel eJournal (format .doc, max. 2 Mb): e-journal Nuryadi (05-20-15-10-37-38).doc (127 kB)
  • File artikel eJournal (format .PDF, max. 5 Mb): e-journal Nuryadi (05-20-15-10-37-38).pdf (73 kB)

315 total views, 1 views today