eJournal Ilmu Pemerintahan

Fisip Universitas Mulawarman

STRATEGI PERUSAHAAN DAERAH AIR MINUM (PDAM) TIRTA TUAH BENUA DALAM MENINGKATKAN PELAYANAN KEPADA MASYARAKATDI KOTA SANGATTA (Juslina)

Submitted by: ,
On: Apr 9, 2015 @ 1:42 PM
IP: 110.139.9.50

  • Judul artikel eJournal: STRATEGI PERUSAHAAN DAERAH AIR MINUM (PDAM) TIRTA TUAH BENUA DALAM MENINGKATKAN PELAYANAN KEPADA MASYARAKATDI KOTA SANGATTA
  • Pengarang (nama mhs): Juslina
  • Abstrak (max. 1600 huruf atau 250 kata): Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan bagaimana strategi dari Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Tuah Benua dalam meningkatkan pelayanan kepada masyarakat di Kota Sangatta, serta untuk melihat hasil yang dicapai dengan strategi yang sudah ditetapkan dan dijalankan oleh Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Tuah Benua.
    Sumber data diperoleh dengan menggunakan teknik purposive sampling. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, yaitu penelitian yang bertujuan untuk memberikan gambaran serta penjelasan tentang variabel yang diteliti. Analisis data model interaktif dari Milles dan Hubermen, yang diawali dengan proses pengumpulan data, penyerderhanaan data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
    Hasil penelitian ini menunjukan bahwa strategi yang dijalankan oleh PDAM Tirta Tuah Benua dalam meningkatkan pelayanan kepada masyarakat di Kota Sangatta yaitu meliputi Peningkatan Kualitas, Kuantitas dan Kontinuitas pelayanan, Penurunan Tingkat Kehilangan Air, Peningkatan dan Pengembangan Cakupan Pelayanan, Penyesuaian Tarif Air Minum (FCR) serta Peningkatan Profesionalisme SDM. PDAM Tirta Tuah Benua secara keseluruhan telah mengoptimalkan pada setiap pelaksanaannya, tebukti dengan adanya upaya-upaya yang dilakukan melalui program kerja dan kegiatan yang telah dilaksanakan baik berupa pelatihan-pelatihan dalam peningkatan SDM maupun pembenahan dalam peningkatan kualitas pelayanan PDAM, walaupun dalam pelaksanaannya PDAM Tirta Tuah Benua masih memiliki berbagai kendala dari segi pelayanannya. Hal ini dikarenakan oleh beberapa faktor, seperti faktor curah hujan, air baku dan lingkungan eksternal. PDAM Tirta Tuah Benua saat ini lebih fokus terhadap pembenahan Internal PDAM.
  • Kata kunci (max. 80 huruf atau 10 kata): Strategi, Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM), Pelayanan
  • NIM: 1102025091
  • Angkatan (tahun masuk, mis. 2009): 2011
  • Program Studi: Ilmu Pemerintahahan
  • Sumber tulisan: Skripsi
  • Pembimbing: Dr. H. Muh. Jamal Amin, M.Si & Lutfi Wahyudi, S.Sos., M.Si
  • Nama eJournal: eJoournal Ilmu Pemerintahan
  • Volume: 3
  • Nomor: 2
  • Tahun: 2015
  • File artikel eJournal (format .doc, max. 2 Mb): eJournal (04-09-15-01-42-16).doc (140 kB)
  • File artikel eJournal (format .PDF, max. 5 Mb): eJournal (04-09-15-01-42-16).pdf (88 kB)

 554 total views,  1 views today

Print Friendly, PDF & Email



  1. Situs Judi Slot Terlengkap
  2. Situs Slot Online Terbaik Dan Terpercaya No 1
  3. Slot Pragmatic Play
  4. Situs Slot Online Terpercaya
  5. Kumpulan Situs Judi Slot Terpercaya
  6. Game Slot Online
  7. Judi Slot Online Jackpot Terbesar
  8. Situs Judi Slot Online Terpercaya 2021
  9. Slot Joker123
  10. Agen Slot Online Resmi
  11. Slot Deposit Pulsa
  12. Daftar Situs Judi Slot Terbaik Dan Terpercaya No 1
  13. AloJudi Slot
  14. Situs Slot
  15. Judi Slot Online Jackpot Terbesar Gampang Menang
  16. Mesin slot gacor 88
  17. Mesin slot
  18. Link Slot Online
  19. Slot Via Dana
  20. Daftar Situs Bo Slot Online Gacor Terbaik 2022
  1. Slot Online Terpercaya
  2. Judi Slot Online Jackpot Terbesar
  3. Daftar Situs Judi Slot Online Terpercaya
  4. Judi Slot Terpercaya
  5. Kumpulan Situs Judi QQ Online Terpercaya
  6. Situs Slot Deposit Pulsa dan Slot Online Terbaik
  7. Slot Hacker
  8. Situs Slot Online Terbaik
  9. Slot Gacor Gampang Menang
  10. Slot Online
  11. Situs Slot Online Terbaik 2022
  12. Slot RTP Pragmatic
  13. Situs Slot Gacor 2022