eJournal Ilmu Pemerintahan

Fisip Universitas Mulawarman

Prinsip Good Governance dalam Pelayanan Publik di Kantor Perusahaan Listrik Negara (PLN) Kecamatan Penajam Kabupaten Penajam Paser Utara (Dwi Risnawati)

Submitted by: Risnawati, Dwi
On: May 19, 2014 @ 12:44 PM
IP: 192.168.0.104

  • Judul artikel eJournal: Prinsip Good Governance dalam Pelayanan Publik di Kantor Perusahaan Listrik Negara (PLN) Kecamatan Penajam Kabupaten Penajam Paser Utara
  • Pengarang (nama mhs): Dwi Risnawati
  • Abstrak (max. 1600 huruf atau 250 kata): Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya penerapan prinsip prinsip Good Governance dalam pelayanan kepada masyarakat di Perusahaan Listrik Negara (PLN) Kecamatan Penajam Kabupaten Penajam Paser Utara. Berbagai produk hukum telah disiapkan oleh apratur pemerintah untuk mendukung pelayanan kepada masyarakat. Maka dikeluarkan Keputusan Menteri Pendayagunaan Apratur Negara No. 81/1993. yang mengatur tentang pedoman tata cara pelayanan umum. Juga harus dipertegas dalam intruksi Presiden No. 1/1995 tentang peningkatan kualitas aparatur pemerintah kepada masyarakat. Jenis penelitian ini adalah kualitatif yang menggambarkan Pelaksannan Prinsip Good Governance dalam Pelayanan Publik di Perusahaan Listrik Negara (PLN) Kecamatan Penajam Kabupaten Penajam Paser Utara. Dari hasil penelitian diketahui Pelaksanaan Prinsip Good Governance dalam Pelayanan Publik di Perusahaan Listrik Negara (PLN) K ecamatan Penajam Kabupaten Penajam Paser Utara dalam partisipasi, kerangka hukum, transparansi, responsif, orientasi konsensus, kesetaraan atau keadilan, efektif dan efisien, akuntabilitas, strategi visi dan faktor penghambat dalam pemasangan jaringan baru, distribusi listrik dan kualitas listrik di Kecamatan Penajam Kabupaten Penajam Paser Utara belum maksimal, karena memerlukan waktu lama dalam jaringan baru dan lambat dalam perbaikan gangguan tergantung faktor alam dan cuaca sehingga pelayananan yang di berikan kepada para pelanggan belum berjalan lancar.Untuk mencapai pelaksanaan Prinsip Good Governance dan kepuasan pelanggan PLN Kecamatan Penajam dapat dilakukam peningkatan peningkatan kualitas tenaga kerja dalam memberikan pelayanan, meningkatan sarana dan prasarana, serta peningkatan jumlah dan kualitas pegawai
  • Kata kunci (max. 80 huruf atau 10 kata): Good Governance, Pelayanan Publik
  • NIM: 0802025076
  • Angkatan (tahun masuk, mis. 2009): 2008
  • Program Studi: Ilmu Pemerintahahan
  • Sumber tulisan: Skripsi
  • Pembimbing: Drs. Muhammad Noor, M.Si , Mohammad Taufik, S.Sos,M.Si
  • Nama eJournal: eJoournal Ilmu Pemerintahan
  • Volume: 2
  • Nomor: 1
  • Tahun: 2014
  • File artikel eJournal (format .doc, max. 2 Mb): JURNAL DWIE BETUL (05-19-14-12-44-29).docx (42 kB)
  • File artikel eJournal (format .PDF, max. 5 Mb): JURNAL DWIE BETUL (05-19-14-12-44-29).pdf (77 kB)

408 total views, 1 views today