eJournal Ilmu Pemerintahan

Fisip Universitas Mulawarman

Penerapan Layanan SMS (Short Message Service) Pengaduan Dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Di Rumah Sakit Umum Daerah Abdul Wahab Sjahranie Samarinda (Ledy Andri Safitri)

Submitted by: ,
On: Feb 6, 2020 @ 3:15 AM
IP: 182.1.175.75

  • Judul artikel eJournal: Penerapan Layanan SMS (Short Message Service) Pengaduan Dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Di Rumah Sakit Umum Daerah Abdul Wahab Sjahranie Samarinda
  • Pengarang (nama mhs): Ledy Andri Safitri
  • Abstrak (max. 1600 huruf atau 250 kata): Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis Penerapan Layanan SMS (Short Message Service) Pengaduan Dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Di Rumah Sakit Umum Daerah Abdul Wahab Sjahranie Samarinda, dan mengidentifikasi faktor pendukung dan faktor penghambat dalam Penerapan Layanan SMS (Short Message Service) Pengaduan dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan di Rumah Sakit Umum Daerah Abdul Wahab Sjahranie Samarinda. Penelitian ini dilaksanakan di Rumah Sakit Umum daerah Abdul Wahab Sjahranie Samarinda. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan cara penelitian kepustakaan dan penelitian lapangan dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sumber data diperoleh dengan menggunakan teknik purposive sampling dan accidental sampling. Analisis data yang digunakan adalah analisis data model interaktif yang terdiri dari beberapa komponen yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Penerapan Layanan SMS (Short Message Service) Pengaduan di Rumah Sakit Umum Daerah Abdul Wahab Sjahranie Samarinda sudah diterapkan tetapi belum maksimal. Sarana Layanan pengaduan yang ada di Rumah Sakit Umum ada empat macam, yaitu layanan pengaduan melalui sms, meja langsung, kotak saran dan e-amil. Pengelolaan dan pengawasan sarana Layanan Pengaduan berada di bawah tanggung jawag Unit Hubungan Masyarakat. Dalam pelaksanaan sarana layanan pengaduan, masih ada pasien/pengunjung rumah sakit yang tidak mengetahui bahwa rumah sakit menyediakan sarana layanan pengaduan.
  • Kata kunci (max. 80 huruf atau 10 kata): Layanan, SMS, pengaduan, kualita,s pelayanan.
  • NIM: 1402025061
  • Angkatan (tahun masuk, mis. 2009): 2014
  • Program Studi: Ilmu Pemerintahahan
  • Sumber tulisan: Skripsi
  • Pembimbing: Dr. Anwar, S.Sos., MM/ Nur Hasanah, S.Sos., M.Si
  • Nama eJournal: eJoournal Ilmu Pemerintahan
  • Volume: 8
  • Nomor: 1
  • Tahun: 2020
  • File artikel eJournal (format .doc, max. 2 Mb): 01_format_artikel_ejournal_mulai_hlm_ganjil (02-06-20-03-15-02).doc (94 kB)
  • File artikel eJournal (format .PDF, max. 5 Mb): 01_format_artikel_ejournal_mulai_hlm_ganjil (02-06-20-03-15-02).pdf (596 kB)

Print Friendly, PDF & Email