eJournal Ilmu Pemerintahan

Fisip Universitas Mulawarman

Inovasi Mal Pelayanan Publik Dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Publik di Kota Samarinda (Fatwa Indah Rahayu)

Submitted by: Rahayu, Fatwa Indah
On: Jan 24, 2023 @ 8:49 PM
IP: 36.85.7.111

  • Judul artikel eJournal: Inovasi Mal Pelayanan Publik Dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Publik di Kota Samarinda
  • Pengarang (nama mhs): Fatwa Indah Rahayu
  • Abstrak (max. 1600 huruf atau 250 kata): Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan secara keseluruhan mengenai Inovasi Mal Pelayanan Publik dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Publik di Kota Samarinda dengan memperhatikan keberhasilan inovasi berdasarkan karakteristik inovasi, menurut Rogers dalam Nurdin (2019) yaitu: Relative Advantage (Keuntungan Relatif), Compablity (Kesesuaian), Complexity (Kerumitan), Triability (Kemungkinan Dicoba), dan Observability (Kemudahan Diamati). Serta melakukan identifikasi faktor penghambat dan faktor pendukungnya. Hasil penelitian menunjukkan Keunggulan Relatif Mal Pelayanan Publik telah mengintegrasikan layanan dalam satu gedung yang sama, sehingga menghemat biaya, waktu dan tenaga serta adanya antrian online. Sedangkan keunggulan ekonomi hanya layanan dengan ketentuan retribusi daerah. Hadirnya Inovasi Mal Pelayanan Publik sudah sesuai aturan dan kebutuhan masyarakat. Tingkat kerumitannya berupa mekanisme dan prosedur kebijakan dari masing-masing instansi, internet kurang makismal, lift hanya satu, serta loket yang lambat dibuka. Mal Pelayanan Publik Kota Samarinda tidak melakukan uji coba dan sosialisasi hanya di sosial media. Inovasi Mal Pelayanan Publik ini mudah untuk diamati masyarakat serta setiap loket menyediakan IKM. Instansi yang paling banyak jenis pelayanan adalah DPMPTSP. Sedangkan instansi dengan pelayanan paling sedikit adalah Baznas. Adapun fakor penghambatnya ini yaitu koordinasi antar instansi dan hambatan anggaran. Sedangkan faktor pendukungnya sarana dan prasarana memadai, SDM yang cakap, dan dukungan dari pemerintah daerah.
  • Kata kunci (max. 80 huruf atau 10 kata): Inovasi, Mal Pelayanan Publik, Keberhasilan Inovasi
  • NIM: 1802025019
  • Angkatan (tahun masuk, mis. 2009): 2018
  • Program Studi: Ilmu Pemerintahahan
  • Sumber tulisan: Skripsi
  • Pembimbing: Dr. H. Muhammad Noor, M.Si, Dr. H. Muhammad Jamal Amin, M.Si
  • Nama eJournal: eJoournal Ilmu Pemerintahan
  • Volume: 11
  • Nomor: 1
  • Tahun: 2023
  • File artikel eJournal (format .doc, max. 2 Mb): 1802025019_Fatwa Indah Rahayu_Ejournal (01-24-23-08-49-21).docx (315 kB)
  • File artikel eJournal (format .PDF, max. 5 Mb): 1802025019_Fatwa Indah Rahayu_Ejournal (01-24-23-08-49-21).pdf (562 kB)

Print Friendly, PDF & Email