STRATEGI PUSAT KESEHATAN MASYARAKAT (PUSKESMAS) DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN DI DESA BATU KAJANG KECAMATAN BATU SOPANG (Nurul Fitriani)
Submitted by: Fitriani, Nurul
On: Apr 13, 2022 @ 1:07 PM
IP: 36.85.5.201
- Judul artikel eJournal: STRATEGI PUSAT KESEHATAN MASYARAKAT (PUSKESMAS) DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN DI DESA BATU KAJANG KECAMATAN BATU SOPANG
- Pengarang (nama mhs): Nurul Fitriani
- Abstrak (max. 1600 huruf atau 250 kata): Nurul Fitriani, Program Studi Ilmu Pemerintahan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universtas Mulawarman. Judul penelitian “Strategi Pusat Kesehatan Masyarakat (PUSKESMAS) dalam Meingkatkan Kualitas Pelayanan Kesehtan Di Desa Batu Kajang Kecmatan Batu Sopang Kabupaten Paser” oleh bimbingan Bapak Dr.H. Muhammad Noor, M.Si dan Bapak Drs. H. Burhanudin, M.Si. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan mengetahui Strategi Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) dalam meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan di Desa Batu Kajang serta mengidentifikasi faktor penghambat. Penelitian ini dilaksanakan di Desa Batu Kajang Kecamatan Batu Sopang Kabupaten Paser. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data yaitu studi pustaka dan penelitian lapangan. Narasumber terdiri dari Kepala Puskesmas di Desa Batu Kajang, Staf dan Tenaga kesehatan di Puskesmas Batu Kajang, dan masyarakat. Data yang didapatkan dianalisis menggunakan model analisis interaktif Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukan bahwa strategi Puskesmas dalam meningkatkan kualitas pelayanan kesehehatan di Desa Batu Kajang sudah berjalan dengan baik namun belum optimal, strategi Puskesmas dengan pelayanan yang prima dan mandiri dilakukan melalui peningkatan kapasitas SDM, fasilitas, mengakomodir respon pasien dan disiplin. Sosialisasi disertai lomba guna menciptakan masyarakat yang peduli dan sadar serta mandiri tentang kesehatan. Puskesmas berkerja sama dengan sektor desa, kepala desa, dan CSR. Terjadinya peumpukan pasien diruang tunggu karena mengikuti prosedur yang ada, banyak pasien kurang nyaman saat menunggu karena ruang tunggu panas. Hambatan lain mengenai sarana pembuangan limbah yang belum tersedia, juga mengenai lahan parkir yang masih belum diperbaiki.
- Kata kunci (max. 80 huruf atau 10 kata): Strategi, Kualitas Pelayanan Kesehatan
- NIM: 1402025190
- Angkatan (tahun masuk, mis. 2009): 2014
- Program Studi: Ilmu Pemerintahahan
- Sumber tulisan: Skripsi
- Pembimbing: Dr. H. Muhammad Noor, M.Si, dan Drs. H. Burhanudin, M.Si
- Nama eJournal: eJoournal Ilmu Pemerintahan
- Volume: 10
- Nomor: 1
- Tahun: 2022
- File artikel eJournal (format .doc, max. 2 Mb): Jurnal nurul fitriani FIX (04-13-22-01-07-36).docx (39 kB)
- File artikel eJournal (format .PDF, max. 5 Mb): Jurnal nurul fitriani FIX (04-13-22-01-07-36).pdf (253 kB)