UPAYA PENINGKATAN KUALITAS PELAYANAN PUBLIK PADA PUSAT KESEHATAN MASYARAKAT (PUSKESMAS) MARANGKAYU KECAMATAN MARANGKAYU KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA (Alfiransi Panandu)
Submitted by: ,
On: Jan 9, 2017 @ 8:59 AM
IP: 110.137.218.119
- Judul artikel eJournal: UPAYA PENINGKATAN KUALITAS PELAYANAN PUBLIK PADA PUSAT KESEHATAN MASYARAKAT (PUSKESMAS) MARANGKAYU KECAMATAN MARANGKAYU KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA
- Pengarang (nama mhs): Alfiransi Panandu
- Abstrak (max. 1600 huruf atau 250 kata): Latar belakang dalam penulisan skripsi yang penulis buat yakni pelayanan publik yang menjadi focus studi di siplin ilmu administrasi public Indonesia masih menjadi persoalan yang perlu memperoleh perhatian dan penyelesaian, maka penulis tertarik untuk mengetahui Upaya peningkatan kualitas pelayanan Publik pada Pusat Kesehatan masyarakat (Puskesmas) Marangkayu. Analisis data yang digunakan adalah anasilis data deskriptif kualitatif yaitu pertama dilakukan, cara pengumpulan data melalui wawancara langsungBerdasarkan hasil yang diperoleh dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pemberian pelayanan yang diberikan kepada masyarakat dapat berjalan dengan mudah dan lancar yaitu saat pelayanan rawat inap,masyarakat tidak perlu lagi kuatir karena puskesmas marangkayu merupakan pelayanan 24 jam untuk pasien rawat inap.dalam meningkatkan kualitas kesehatan bagi kesehatan masyarakat,puskesmas marangkayu melakukan upaya dengan melaksanakan penyuluhan kesehatan 2 kali selama 1 bulan. Faktor pendukung kelancaran pelayanan di Puskesmas marangkayu yaitu adanya kemampuan dan keterampilan yang memadai, yang sesuai dngan keahlian masing-masing pelayanan.maka pelaksanaan tugas dan pekerjaan dapat dilakukan dengan baik, cepat dalam memenuhi keinginan semua pihak.baik manejemen itu sendiri maupun masyarakat dan juga sarana prasarana, di Puskesmas Marangkayu, yaitu sudah tercukupi, sehingga memberi kenyamanan kepada pengguna jasa Puskesmas tersebut.Faktor penghambat pelayanan kepada Puskesmas marangkayu, yaitu factor kurangnya sarana prasarana seperti tenaga kesehatan, khususnya dokter, dan tingkat kinerja pegawai puskesmas marangkayu yang belum memahami aturan kerja yang berlaku di puskesmas tersebut dan tingkat pemahaman pasien terhadap prosedur pelayanan.
- Kata kunci (max. 80 huruf atau 10 kata): Kualitas, Pelayanan Publik, Puskesmas
- NIM: 1102025233
- Angkatan (tahun masuk, mis. 2009): 2011
- Program Studi: Ilmu Pemerintahahan
- Sumber tulisan: Skripsi
- Pembimbing: Budiman, S.I.P., M.Si / Hj. E. Letizia Dyastari, S.Sos, M.Si
- Nama eJournal: eJoournal Ilmu Pemerintahan
- Volume: 4
- Nomor: 4
- Tahun: 2016
- File artikel eJournal (format .doc, max. 2 Mb): Alfiransi Panandu (01-09-17-08-59-55).doc (121 kB)
- File artikel eJournal (format .PDF, max. 5 Mb): Alfiransi Panandu (01-09-17-08-59-55).pdf (298 kB)