eJournal Ilmu Pemerintahan

Fisip Universitas Mulawarman

PENERAPAN KEBIJAKAN E-GOVERNMENT DALAM PENINGKATAN MUTU PELAYANAN PUBLIK DI KANTOR KECAMATAN SAMBUTAN KOTA SAMARINDA (Diah Rachma Aprianty)

Submitted by: ,
On: Oct 21, 2016 @ 2:17 PM
IP: 36.74.241.96

  • Judul artikel eJournal: PENERAPAN KEBIJAKAN E-GOVERNMENT DALAM PENINGKATAN MUTU PELAYANAN PUBLIK DI KANTOR KECAMATAN SAMBUTAN KOTA SAMARINDA
  • Pengarang (nama mhs): Diah Rachma Aprianty
  • Abstrak (max. 1600 huruf atau 250 kata): Diah Rachma Aprianty “Penerapan Kebijakan E-government dalam Peningkatan Mutu Pelayanan Publik di Kantor Kecamatan Sambutan Kota Samarinda. Penerapan kebijakan e-Government dalam peningkatan mutu pelayanan publik di kantor kecamatan Sambutan kota Samarinda merupakan tindakan pemerintah dalam pelaksanaan suatu peraturan dalam hal pemberian suatu pelayanan publik melalui penggunaan media teknologi informasi secara elektronis untuk pemenuhan kebutuhan masyarakat yang sesuai dengan hak-hak dasar setiap warganegara di samping itu juga mendukung terwujudnya misi kecamatan Sambutan yakni Terwujudnya pelayanan prima serta membangun partisipasi masyarakat yang mandiri. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan penerapan kebijakan e-government dalam peningkatan mutu pelayanan publik di kantor kecamatan Sambutan, serta mengetahui dan menganalisis kendala-kendala yang dihadapi Kecamatan Sambutan Kota Samarinda berdasarkan indikator pengembangan e-government yaitu, Support, Capacity, dan Value. Skripsi ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun key informan dalam penelitian ini adalah Camat Sambutan dan Kepala Seksi Pelayanan, 1 orang petugas pelayanan di Kecamatan Sambutan dan 5 orang masyarakat pengguna jasa pelayanan sebagai informan pendukung. Dari hasil penelitian ditemukan bahwa Penerapan kebijakan e-Government dalam peningkatan mutu pelayanan publik di kantor kecamatan Sambutan kota Samarinda mulai mengalami perubahan pada pelayanan prima walaupun masih ada terdapat beberapa kekurangan yakni terbatasnya sumber daya yang dimiliki, kurangnya sosialisasi kebijakan kepada masyarakat, dan miskomunikasi antara pimpinan dan pegawai.
  • Kata kunci (max. 80 huruf atau 10 kata): Kebijakan, e-government, pelayanan publik
  • NIM: 1202025006
  • Angkatan (tahun masuk, mis. 2009): 2012
  • Program Studi: Ilmu Pemerintahahan
  • Sumber tulisan: Skripsi
  • Pembimbing: Dr. H. Muhammad Noor, M.Si / Dr. Iman Surya, S.Sos, M.Si
  • Nama eJournal: eJoournal Ilmu Pemerintahan
  • Volume: 4
  • Nomor: 4
  • Tahun: 2016
  • File artikel eJournal (format .doc, max. 2 Mb): Diah Rachma Aprianty (10-21-16-02-17-44).doc (118 kB)
  • File artikel eJournal (format .PDF, max. 5 Mb): Diah Rachma Aprianty (10-21-16-02-17-44).pdf (487 kB)

Loading

Print Friendly, PDF & Email



  1. Online Casino India
  2. Best Aviator Game App In India
  3. Andar Bahar Online Game
  4. Casino App Real Money India
  5. Best Cricket Betting Sites In India
  6. Best Casino Game to Win Real Money
  7. Online Casino Games In India
  1. Slot Online Terpercaya
  2. Judi Slot Online Jackpot Terbesar
  3. Judi Slot Terpercaya
  4. Kumpulan Situs Judi QQ Online Terpercaya
  5. Situs Slot Deposit Pulsa dan Slot Online Terbaik
  6. Slot Hacker
  7. Situs Slot Online Terbaik
  8. Slot Gacor Gampang Menang
  9. Slot Online
  10. Situs Slot Online Terbaik 2022
  11. Slot RTP Pragmatic
  12. Situs Slot Gacor 2022