eJournal Ilmu Pemerintahan

Fisip Universitas Mulawarman

DAMPAK SOSIAL DAN EKONOMI AKTIFITAS PERUSAHAAN PERKEBUNAN KELAPA SAWIT PT. GAWI MAKMUR KALIMANTAN DI DESA RINTIK KECAMATAN BABULU KABUPATEN PENAJAM PASER UTARA (Muad Roanuddin)

Submitted by: Roanuddin, Muad
On: Apr 5, 2016 @ 2:12 PM
IP: 125.160.77.175

  • Judul artikel eJournal: DAMPAK SOSIAL DAN EKONOMI AKTIFITAS PERUSAHAAN PERKEBUNAN KELAPA SAWIT PT. GAWI MAKMUR KALIMANTAN DI DESA RINTIK KECAMATAN BABULU KABUPATEN PENAJAM PASER UTARA
  • Pengarang (nama mhs): Muad Roanuddin
  • Abstrak (max. 1600 huruf atau 250 kata): Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Dampak Sosial dan Ekonomi aktifitas Perusahaan Perkebunan Kelapa Sawit PT. Gawi Makmur Kalimantan di Desa Rintik Kecamatan Babulu Kabupaten Penajam Paser Utara.
    Penelitian ini adalah penelitian yang menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif yaitu penelitian yang berusaha menggambarkan atau menjabarkan objek yang diteliti berdasarkan fakta yang ada dilapangan. Dengan menggunakan key informan dan informan sebagai sumber data, data-data yang disajikan menggunakan data primer dan skunder melalui wawancara, buku-buku, dan internet, kemudian teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis data kualitatif model interaktif dari Miles Huberman dan Saldana (2014:33).
    Hasil dari penelitian ini bahwa Perusahaan Perkebunan Kelapa Sawit PT. Gawi Makmur Kalimantan memberikan dampak sosial dan ekonomi kepada masyarakat Desa Rintik. Dampak Sosial tersebut terdiri dari : Perusahaan Perkebunan PT. Gawi Makmur Kalimantan di Desa Rintik menimbulkan dampak Sosial seperti konflik. Adapun konflik yang terjadi berupa masalah tumpang tindih lahan yaitu perebutan hak lahan antara masyarakat asli dengan pihak perusahaan perkebunan, konflik kecil antara audit perkebunan dengan pihak penyedia jasa angkutan, Migrasi Penduduk ke Desa Rintik terjadi karena faktor ekonomi yaitu : kurangnya kesejahteraan masyarakat, pendapatan yang masih kurang. terjadinya pertentangan konflik yaitu : tumpang tindih tanah antara masyarakat dengan pihak perusahaan perkebunan. Kondisi alam yang gersang sehimgga tidak cocok untuk kegiatan pertanian. Dan faktor pendidikan yaitu mayoritas masyarakatnya berpendidikan rendah, Keberadaan Perusahaan Perkebunan Kelapa Sawit PT. Gawi Makmur Kalimantan membawa perubahan kondisi sarana dan prasarana yang ada di Desa Rintik menjadi baik. Hal tersebut terlihat dari semenisasi jalan, perbaikan-perbaikan jembatan, fasilitas Olahraga, Posyandu, Sekolah dan dan pengadaan fasilitas air bersih yang dapat dinikmati oleh karyawan dan masyarakat yang bermukim pada area perusahaan tersebut. adapun dampak ekonomi terdiri dari Perusahaan Perkebunan PT. Gawi Makmur Kalimantan telah meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui pengadaan program-program yang dilaksanakan secara berkelanjutan yang disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat setempat, seperti pembagian fasilitas pendidikan dan kesehatan kepada sekolah dan posyandu, pemberian pinjaman modal bagi UKM, penyuluhan kesehatan, pengembangan sarana olahraga, sarana ibadah, maupun sarana pendidikan yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat.
  • Kata kunci (max. 80 huruf atau 10 kata): Dampak Sosial dan Ekonomi, Perusahaan,Perkebunan
  • NIM: 1202025153
  • Angkatan (tahun masuk, mis. 2009): 2012
  • Program Studi: Ilmu Pemerintahahan
  • Sumber tulisan: Skripsi
  • Pembimbing: Dr. Erwin Resmawan, M.Si / Drs. Daud Kondorura, M.Si
  • Nama eJournal: eJoournal Ilmu Pemerintahan
  • Volume: 4
  • Nomor: 1
  • Tahun: 2016
  • File artikel eJournal (format .doc, max. 2 Mb): Muad Roanuddin (04-05-16-02-12-42).doc (114 kB)
  • File artikel eJournal (format .PDF, max. 5 Mb): Muad Roanuddin (04-05-16-02-12-42).pdf (361 kB)

26,252 total views, 26 views today