eJournal Ilmu Pemerintahan

Fisip Universitas Mulawarman

KEPUASAN MASYARAKAT DALAM PELAYANAN PEMBUATAN E-KTP PADA KANTOR KECAMATAN SAMARINDA KOTA DI KOTA SAMARINDA (Nurjihan)

Submitted by: Nurjihan, Nurjihan
On: Feb 22, 2016 @ 10:25 AM
IP: 112.215.36.144

  • Judul artikel eJournal: KEPUASAN MASYARAKAT DALAM PELAYANAN PEMBUATAN E-KTP PADA KANTOR KECAMATAN SAMARINDA KOTA DI KOTA SAMARINDA
  • Pengarang (nama mhs): Nurjihan
  • Abstrak (max. 1600 huruf atau 250 kata): Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tentang kepuasan masyarakat dalam pelayanan pembuatan e-KTP dan untuk mengidentifikasikan faktor-faktor yang mendukung dan menghambat dalam memberikan pelayanan di Kantor Kecamatan Samarinda Kota.
    Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif, Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan data sekunder yang berkaitan dengan situasi dan kondisi empiris Kepuasan Masyarakat dalam Pelayanan Pembuatan e-KTP di Kecamatan. Dalam penelitian ini, penulis juga menggunakan penelitian survey, wawancara dan dokumentasi guna memperoleh data primer mengenai Kepuasan Masyarakat dalam Pelayanan Pembuatan e-KTP pada Kantor Kecamatan Samarinda Kota di Kota Samarinda. Dengan berdasarkan data yang ada, penulis berupaya menggambarkan secara sistematis, faktual dan akurat mengenai fakta-fakta, sifat-sifat serta hubungan antar fenomena yang ada.
    Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kepuasan Masyarakat dalam Pelayanan Pembuatan e-KTP di Kecamatan Samarinda Kota dapat dilihat dari kesederhanaan prosedur pelayanan, Kecamatan Samarinda Kota dalam prosedur pelayanan pembuatan e-KTP sudah sederhana dan tidak berbelit-belit. Waktu pelayanan, Kecamatan Samarinda Kota dalam penyelesaian pembuatan e-KTP belum sesuai SOP (Standar Operasional Prosedur). Biaya/tarif pelayanan, dalam biaya pelayanan pembuatan e-KTP di Kecamatan Samarinda Kota dalam penerapannya sudah sesuai dengan Peraturan Walikota Samarinda Nomor 31 Tahun 2006 tentang Pembebasan Biaya Atas Pembuatan Akta Kelahiran, Kartu Keluarga, dan Kartu Tanda Penduduk untuk masyarakat dalam wilayah kota Samarinda. Perilaku pelaksana, pegawai kecamatan Samarinda Kota dalam kedisiplinan masih belum bersikap disiplin. Kesopanan pegawai kecamatan Samarinda Kota sudah bersikap sopan dalam memberikan pelayanan. Keramahan pegawai kecamatan Samarinda Kota dalam memberikan pelayanan sudah bersikap ramah.
  • Kata kunci (max. 80 huruf atau 10 kata): Kepuasan Masyarakat, Pelayanan, e-KTP
  • NIM: 1202025135
  • Angkatan (tahun masuk, mis. 2009): 2012
  • Program Studi: Ilmu Pemerintahahan
  • Sumber tulisan: Skripsi
  • Pembimbing: Dr. H. Muh. Jamal Amin, M.S.i, Hj. E. Letizia Dyastari, S.Sos, M.Si
  • Nama eJournal: eJoournal Ilmu Pemerintahan
  • Volume: 4
  • Nomor: 1
  • Tahun: 2016
  • File artikel eJournal (format .doc, max. 2 Mb): E-journal Nurjihan (02-22-16-10-25-54).docx (40 kB)
  • File artikel eJournal (format .PDF, max. 5 Mb): E-journal Nurjihan (02-22-16-10-25-54).pdf (229 kB)

Print Friendly, PDF & Email