eJournal Ilmu Pemerintahan

Fisip Universitas Mulawarman

INOVASI PELAYANAN PUBLIK DI KECAMATAN SUNGAI KUNJANG KOTA SAMARINDA (Dayang Erawati Djamrut)

Submitted by: ,
On: Oct 16, 2015 @ 3:00 PM
IP: 180.248.67.175

  • Judul artikel eJournal: INOVASI PELAYANAN PUBLIK DI KECAMATAN SUNGAI KUNJANG KOTA SAMARINDA
  • Pengarang (nama mhs): Dayang Erawati Djamrut
  • Abstrak (max. 1600 huruf atau 250 kata): Dayang Erawati Djamrut, Inovasi Pelayanan Publik di Kecamatan Sungai Kunjang kota Samarinda, di bawah bimbingan Bapak Dr. H. Muh. Jamal Amin, M.Si selaku Dosen Pembimbing I dan Bapak Budiman, S.IP, M.Si selaku Dosen Pembimbing II.
    Penelitian Skripsi ini dilakukan di Kecamatan Sungai Kunjang kota Samarinda. Tujuan dari penulisan ini adalah untuk mengetahuiinovasi pelayanan publik di Kecamatan Sungai Kunjang kota Samarinda dan untuk mengetahui faktor pendukung inovasi pelayanan publik di Kecamatan Sungai Kunjang kota Samarinda.
    Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara penelitian kepustakaan dan peneltian lapangan yang terdiri dari observasi, wawancara dan dokumentasi, sedangkan informan diambil secara purposive sampling. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif dan akan di analisis secara kualitatif.
    Hasil penelitian menunjukkan di Kecamatan Sungai Kunjang kota Samarinda inovasi pelayanan publik dapat dilihat dari rehabilitasi ruang publik, Kecamatan Sungai Kunjang melakukan pembenahan unit pelayanan agar mempermudah masyarakat dalam mendapatkan pelayanan. Dari segi tata ruang di tata dengan tema hijau, bersih dan sehat serta adanya area merokok agar tidak mengganggu kesehatan bagi yang tidak merokok. Mempercepat pelayanan, Kecamatan Sungai Kunjang menerapkan buku panduan SOP untuk masyarakat mendapatkan informasi persyaratan berkas agar masyarakat tidak bingung. Adanya area permainan, agar anak-anak tidak jenuh selama orang tuanya mendapatkan pelayanan. Jejaring sosial melalui facebook, sms dan telepon sebagai jalur menyampaikan pelayanan, akses informasi untuk mempelancar proses pelayanan Kecamatan kepada masyarakat.
  • Kata kunci (max. 80 huruf atau 10 kata): Inovasi, Pelayanan Publik
  • NIM: 1102025210
  • Angkatan (tahun masuk, mis. 2009): 2011
  • Program Studi: Ilmu Pemerintahahan
  • Sumber tulisan: Skripsi
  • Pembimbing: Dr. H. Muh. Jamal Amin, M.Si & Budiman, S.IP, M.Si
  • Nama eJournal: eJoournal Ilmu Pemerintahan
  • Volume: 3
  • Nomor: 3
  • Tahun: 2015
  • File artikel eJournal (format .doc, max. 2 Mb): Jurnal DayangG FIX (10-16-15-03-00-50).docx (51 kB)
  • File artikel eJournal (format .PDF, max. 5 Mb): Jurnal DayangG FIX (10-16-15-03-00-50).pdf (83 kB)

Print Friendly, PDF & Email